Rabu 17 Jul 2024 10:47 WIB

LRI-UMS Peroleh Hibah Dana Riset DRTPM Senilai Rp 12 Miliar Lebih

Total proposal yang masuk DRTPM mencapai sekitar 38 ribu se-Indonesia.

Red: Fernan Rahadi
Hibah dana riset dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).
Foto: UMS
Hibah dana riset dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tahun 2024 menjadi tahun yang menyegarkan bagi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pada tahun ini, UMS mendapatkan hibah dana riset dengan jumlah fantastis dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Ketua Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Sri Sunarjono menyampaikan berdasarkan informasi yang didapatkannya itu, pada proses penyeleksian, total proposal yang masuk DRTPM mencapai sekitar 38 ribu se-Indonesia. Kemudian diseleksi secara administrasi dan banyak yang gugur kemudian tersisa sekitar kalau nggak 18 ribu proposal. Dari total tersebut kemudian diseleksi substansi. Pada akhirnya UMS bisa lolos 140 proposal yang jika diuangkan memiliki nominal sebesar lebih dari 12 miliar.

"Jadi sangat ketat sekali. Alhamdulillah dari UMS dari tadi 38 ribu itu memasukkan proposal sebanyak 277 proposal ya dari dosen-dosen UMS. Alhamdulillah dari 277 proposal itu yang kemudian disetujui dan didanai ada 140 proposal itu," ungkap Sunarjono, dalam siaran pers, Rabu (17/7/2024).

Saat ini UMS sedang menunggu pengumuman dari skim KATALIS dan Prototype. UMS mengirimkan 21 proposal skim KATALIS dan 15 proposal skim prototype yang jika diuangkan bisa mencapai 2 miliar.

Sunarjono yakin jika proposal tersebut bisa lolos banyak karena adanya pendampingan berlapis yang lebih intensif. LRI memiliki langkah pada awal membedah panduan, sehingga dapat mengetahui strategi terbaik untuk bisa menghasilkan proposal yang dapat disetujui juga didanai. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kepada dosen.

"Setelah itu kemudian kita melakukan camp, namanya camp menulis bersama supaya dosen-dosen fokus satu hari," ujar Ketua LRI UMS itu.

LRI memberikan fasilitas ruangan untuk mendampingi dosen-dosen dan memberikan pendampingan menulis, termasuk juga ketika ada pertanyaan akan langsung didampingi.

photo
Ketua Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Sri Sunarjono - (dokpri)

Menurut data, UMS menjadi perguruang tinggi swasta nomor satu se Jawa Tengah yang memperoleh pendanaan riset DRTPM tahun anggaran 2024.

"Kalau kita buat grid di antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se Indonesia itu kita nomor dua. Yang lebih tinggi itu Universitas Ahmad Dahlan (UAD) itu dapat 142, selisih dua, tapi kalau ini nanti yang Katalis sama Prototype pengumuman Insya Allah kita lebih tinggi karena acuan katalis UAD cuma sedikit, kita sampai 21 jadi Insya Allah kalau ini udah pengumuman kita akan tertinggi," harapnya.

Pencapaian ini juga menjadi hasil dari komitmen LRI yang dipercaya oleh Rektor UMS sebagai lembaga yang berperan penting dalam mengkoordinasi riset. Peraihan ini cukup menggembirakan bagi UMS yang menandakan para periset, dosen-dosen UMS itu memiliki daya kompetitif yang tinggi jika disaingkan dengan perguruan tinggi yang lain.

"Jadi ini LRI ini kan memang satu lembaga yang oleh pak Rektor dan pimpinan universitas itu ditarget berapa jumlah riset yang dapat diraih baik yang di internal UMS dengan dana UMS maupun dana dari luar UMS," terangnya.

Dia berharap, keberhasilan ini menjadi batu loncatan UMS untuk menjadi World Class University seperti yang dicita-citakan oleh Rektor UMS, karena luaran dari riset adalah publikasi di jurnal internasional sehingga hal tersebut akan membantu perangkingan internasional QS Star. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement