Rabu 17 Jul 2024 16:48 WIB

Ini Lirik Nyanyian Rasis yang Buat Enzo Fernandez Disanksi Chelsea dan Di-unfollow Rekan

Para pemain Argentina mengejek pemain kulit hitam Prancis, terutama Kylian Mbappe.

Red: Israr Itah
Pemain Chelsea Enzo Fernandez tersandung nyanyian rasis para pemain Argentina yang menyinggung pemain Prancis.
Foto: EPA
Pemain Chelsea Enzo Fernandez tersandung nyanyian rasis para pemain Argentina yang menyinggung pemain Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru juga merayakan gelar juara Copa America 2024, Enzo Fernandez sudah langsung menghadapi masalah pelik. Gara-gara nyanyian sejumlah pemain Argentina seusai memastikan sebagai juara Amerika Selatan, pemain Chelsea ini akan mendapatkan hukuman dari klubnya.

Bukan cuma itu, sejumlah rekannya di Stamford Bridge juga berhenti mengikuti media sosialnya (unfollow). Mereka geram atas ulah Fernandez tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Akhirnya Buka Suara, Zainul Maarif Ceritakan Perbincangannya dengan Presiden Israel

Chelsea memiliki tujuh pemain Prancis berkulit hitam atau campuran di skuad tim utama mereka, yakni Wesley Fofana, Axel Disasi, Benoit Badiashile, Lesley Ugochukwu, Christopher Nkunku, Malo Gusto, dan Malang Sarr. Tiga yang sudah meng-unfollow Fernandez, yakni Fofana, Disasi, dan Gusto.

Chelsea menyatakan telah memulai proses disipliner terhadap Fernandez setelah dia memposting video di media sosial yang menurut Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) berisi dugaan nyanyian yang "rasis dan diskriminatif".

"Chelsea Football Club menganggap semua bentuk perilaku diskriminatif sama sekali tidak dapat diterima. Kami bangga menjadi klub yang beragam dan inklusif, tempat orang-orang dari semua budaya, komunitas, dan identitas merasa diterima," bunyi pernyataan resmi Chelsea pada Rabu (17/7/20224).

"Kami mengakui dan menghargai permintaan maaf publik dari pemain kami dan akan menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mendidik. Klub telah memulai prosedur disiplin internal."

Dikutip dari BBC, FFF mengatakan akan mengajukan protes kepada FIFA atas video yang menampilkan lagu yang dinyanyikan oleh sejumlah pemain Argentina di dalam bus tentang pemain kulit hitam Prancis tersebut.

FFF akan menghubungi Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) tentang video langsung yang diposting di media sosial oleh Fernandez setelah Argentina mengalahkan Kolombia 1-0 di final Copa America pada Senin pagi WIB.

Rekan setim Fernandez di Chelsea, Fofana, yang memiliki satu cap untuk Prancis, memposting gambar video tersebut di Instagram, menggambarkannya sebagai "rasisme tanpa hambatan".

Fernandez mengatakan dia benar-benar menyesal atas video itu. “Nyanyian tersebut mengandung bahasa yang sangat menyinggung dan sama sekali tidak ada alasan untuk kata-kata tersebut,” ujar Fernandez di akun Instagram-nya.

"Saya menentang...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement