Rabu 17 Jul 2024 22:18 WIB

Thiago Alcantara Kembali ke Barcelona, Jadi Staf Pelatih Hansi Flick

Thiago Alcantara pernah bekerja sama dengan Hansi Flick di Bayern Munchen.

Red: Israr Itah
Thiago Alcantara merapat ke Barcelona untuk menjadi staf pelatih Hansi Flick.
Foto: AP/Noami Baker/Pool Getty
Thiago Alcantara merapat ke Barcelona untuk menjadi staf pelatih Hansi Flick.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona mengonfirmasi kedatangan Thiago Alcantara, tetapi kali ini dia tidak bergabung sebagai pemain melainkan menjadi staf pelatih sementara Hansi Flick.

"Setelah memutuskan pensiun di usia 33 tahun, Thiago Alcantara akan menghabiskan beberapa pekan ke depan menjadi bagian dari staf pelatih Hansi Flick. Mantan gelandang tersebut akan bersama tim senior pria di sepanjang musim panas dan ikut tur pramusim ke Amerika Serikat," tulis Barcelona di situs resmi mereka, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga

Barcelona akan menjalani tur pramusim di Amerika Serikat. Blaugrana dijadwalkan menghadapi Manchester City pada 31 Juli, Real Madrid pada 4 Agustus, dan AC Milan pada 7 Agustus.

Sebelumnya, eks pemain Liverpool itu mengumumkan gantung sepatu pada usia 33 tahun. Pengumuman itu dia sampaikan di akun sosial medianya pekan lalu.

"Terima kasih, sepak bola. Terima kasih untuk semua yang menemaniku dan menjadikanku pemain serta pribadi yang lebih baik sepanjang perjalananku," kata Thiago di media sosial X.

Liverpool melepas sang pemain saat kontraknya habis pada akhir musim lalu. Karier bersama The Reds tidak berjalan mulus karena kerap dibekap cedera yang membuatnya absen panjang.

Thiago memulai karier seniornya bersama Barcelona sejak 2009 dan memenangi empat gelar La Liga, Liga Champions 2011, dan Piala Dunia Antarklub. Dia kemudian pindah ke Bayern Munchen pada 2013 dan memenangi Bundesliga selama tujuh musim berturut-turut hingga 2020.

Prestasinya di Munchen juga termasuk Piala Dunia Antarklub pada 2013 dan Liga Champions 2020, yang saat itu dilatih oleh Hansi Flick.

Kemudian, Liverpool memboyongnya pada 2020. Selama empat tahun bersama klub Inggris tersebut, Thiago memenangi Piala FA dan merengkuh trofi Liga Champions ketiga.

Bersama Spanyol, Thiago tercatat memenangi gelar Piala Eropa U-17 dan U-20. Dia mencatatkan 46 penampilan bersama timnas senior Spanyol antara 2011 hingga 2021. Sayangnya, dia tidak termasuk dalam skuad yang menjuarai Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَدْ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاۤءِۚ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضٰىهَا ۖ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ لَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ
Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 144)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement