Kamis 18 Jul 2024 07:08 WIB

Dosen FEB UMJ Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Manajemen

Diana memperoleh data dari 375 karyawan BSI.

Red: Ahmad Fikri Noor
Diana Hasan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (17/7/2024).
Foto: UMJ
Diana Hasan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (17/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diana Hasan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (17/7/2024). Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Analisis Pengaruh Organizational Culture, Career Development Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Islamic Perspective Melalui Organizational Commitment”, dalam sidang promosi doktor di Lantai 5 Gedung Bung Hatta, UNJ.

Sidang Promosi Doktor Diana Hasan, S.E., M.M., diuji oleh 5 penguji di antaranya Rektor UMJ Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si bertindak sebagai penguji luar. Penguji internal yakni Prof. Dr. Purwana E.S., M. Bus., Prof. Dr. Hamidah, SE., M.Si., Prof. Dr. Dewi Susita, S.E., M.Si, dan Dr. Dian Alfia Purwandari, SE., M.Si.

Baca Juga

Dalam disertasinya, Kepala Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMU) itu menganalisis perilaku kerja ekstra atau Organizational Citizenship Behaviour (OCB) karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) pascamerger menggunakan pendekatan Islam disebut OCB-IP.

Berdasarkan hal itu hipotesis awal menduga bahwa Organizational Commitment berperan sebagai mediasi pengaruh Organizational Culture dan Career Development terhadap OCB-IP. Diana memperoleh data dari 375 karyawan BSI sebagai sampel penelitiannya.

Hasil penelitiannya membuktikan Organizational Commitment memiliki peran mediasi pada pengaruh Career Development terhadap OCB.

Peran terbesar yang memiliki pengaruh terhadap peningkatan OCB adalah Career Development, sedangkan Organizational Commitment hanya bersifat parsial saja. Dari penelitian itu, Diana menyimpulkan keduanya dapat meningkatkan OCB-IP.

Dekan FEB UMJ Dr. Luqman Hakim, SE.,Ak., memberikan apresiasi atas gelaran doktor yang diraih oleh Diana. Ia menuturkan, Diana merupakan Doktor ke 42 yang dimiliki FEB UMJ.

"Ini merupakan kebanggaan bagi keluarga besar FEB UMJ. Semoga dengan bertambahnya doktor, kami dapat meningkatkan kualitas dan bermafaat bagi sekitar," ucap Luqman.

photo
Diana Hasan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (17/7/2024). - (UMJ)

Dalam sidang terbuka yang dipromotori oleh Prof. Dr. Dr. I Ketut R Sudiartha, M.Si dan Prof. Dr. Wibowo, S.E., M.Phil. Diana berhasil memperoleh predikat Pujian dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif 3,93 dan menjadi doktor ke-244 yang dimiliki UMJ.

Sidang promosi doktor yang digelar secara hybrid ini turut dihadiri Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika Putri, S.Ag., bersama jajaran pimpinan dan civitas academica FEB UMJ, serta kerabat dan keluarga.

Pada usianya yang ke-68 tahun, Universitas Muhammadiyah Jakarta mendapatkan Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada 5 Maret 2024. Di tahun ini, UMJ yang menjadi kampus tertua diantara 163 PTMA, telah memiliki 16 Prodi dengan akreditasi Unggul, 2 Prodi dengan akreditas A, dan memiliki jumlah dosen bergelar Doktor 238, serta yang sedang studi lanjut ke jenjang S3 sejumlah 92 orang.

Dengan akreditasi unggul, UMJ sebagai Perguruan Tinggi Muhamamadiyah Aisyiyah (PTMA) tertua, UMJ dapat meningkatkan profesionalitas dan produktivitas serta penguatan budaya ilmiah unggul berdasarkan Al Islam Kemuhammadiyahan. UMJ telah melahirkan tidak kurang dari 51.093 alumni yang tersebar dan berkpirah dalam berbagai bidang dan telah memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement