Kamis 18 Jul 2024 08:47 WIB

Musisi Desta Cangkok Janggut, Apa Itu dan Bagaimana Prosesnya?

Ada beberapa langkah yang perlu dilalui dalam prosedur transplantasi janggut.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Desta (kiri). Musisi Desta melakukan transplantasi rambut untuk bagian dagu atau cangkok janggut.
Foto: Mgrol/Republika
Desta (kiri). Musisi Desta melakukan transplantasi rambut untuk bagian dagu atau cangkok janggut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Musisi sekaligus presenter Deddy Mahendra Desta dikabarkan telah menjalani prosedur tanam rambut di dagu atau janggut. Prosedur cangkok atau transplantasi janggut tersebut dilakukan di klinik dokter Tompi.

Apa itu transplantasi janggut? Dilansir laman Healthline, Rabu (17/7/2024), transplantasi janggut dilakukan dengan mengambil rambut dari satu bagian tubuh dan ditransplantasikan ke garis rahang dan dagu. Meskipun kedengarannya cukup sederhana, tetapi prosesnya cukup rumit. Ada dua pendekatan utama yang dapat dilakukan dokter bedah. Pertama, Follicular unit extraction (FUE) yang dilakukan dengan mengambil unit folikel lengkap satu per satu dari area donor. FUE tidak terlalu menyakitkan, sehingga lebih umum dilakukan.

Baca Juga

Cara kedua adalah dengan Follicular unit transplantation (FUT). Untuk pendekatan ini, dokter bedah akan memotong sehelai jaringan kecil dari bagian belakang kepala dan mengangkat folikel rambut dari jaringan tersebut.

Kedua prosedur ini membutuhkan sekitar 2.000 hingga 5.000 cangkok folikel rambut untuk digunakan di area janggut. Cangkokan adalah folikel rambut yang ditransplantasikan.

Adapun langkah-langkah yang perlu dilalui dalam prosedur transplantasi janggut adalah sebagai berikut:

1. Pemanenan

Baik memilih FUE atau FUT, langkah pertama yang akan dilakukan oleh dokter bedah adalah mencukur area rambut di kepala yang akan diambil. Sebelum dilakukan, pasien akan diberikan anestesi lokal, sehingga tidak akan merasakan sakit apapun.

2. Implantasi

Setelah folikel diambil dari rambut kepala, dokter bedah akan menyuntikkan anestesi lokal ke area rahang atau dagu di mana implan akan ditempatkan. Kemudian, dokter bedah akan menanamkan setiap folikel ke dalam kulit wajah, membentuk janggut baru seperti yang telah disepakati oleh Anda dan dokter sebelum operasi.

3. Pemulihan

Pasien akan membutuhkan waktu satu hari untuk pulih dari operasi implan janggut. Kerak kecil dapat terbentuk di sekitar setiap folikel rambut yang baru diimplan, tetapi ini akan mengelupas dalam beberapa hari.

Setelah sekitar satu pekan hingga 10 hari, pasien akan dapat mulai mencukur secara normal dan memangkas janggut baru. Namun, rambut janggut baru mungkin akan rontok setelah 2 atau 3 minggu. Hal ini normal, dan rambut baru akan tumbuh untuk menggantikannya.

Beberapa aktivitas yang harus dihindari setidaknya selama beberapa hari saat pemulihan, meliputi berenang, terpapar sinar matahari langsung, merokok, melakukan sauna, aktivitas fisik yang berat yang dapat menyebabkan keringat, dan menggaruk atau menggosok area yang dicangkok.

Lantas apakah ada efek samping? Menurut Healthline, efek samping yang mungkin terjadi adalah pembengkakan, kemerahan, sesak, mati rasa, dan keropeng atau kerak sementara.

Biaya untuk prosedur ini tidaklah murah. Merujuk laporan dari Healthline, biayanya bisa mencapai 15 ribu dolar AS atau sekitar Rp 242 juta tergantung pada jumlah cangkok yang dibutuhkan. Karena transplantasi janggut adalah prosedur kosmetik, maka tidak ditanggung oleh asuransi. Beberapa dokter mengizinkan pasien untuk mencicil biaya, jadi pastikan untuk bertanya tentang opsi pembiayaan.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ اَنَّكَ تَقُوْمُ اَدْنٰى مِنْ ثُلُثَيِ الَّيْلِ وَنِصْفَهٗ وَثُلُثَهٗ وَطَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الَّذِيْنَ مَعَكَۗ وَاللّٰهُ يُقَدِّرُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَۗ عَلِمَ اَنْ لَّنْ تُحْصُوْهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ فَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْاٰنِۗ عَلِمَ اَنْ سَيَكُوْنُ مِنْكُمْ مَّرْضٰىۙ وَاٰخَرُوْنَ يَضْرِبُوْنَ فِى الْاَرْضِ يَبْتَغُوْنَ مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ ۙوَاٰخَرُوْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۖفَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُۙ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاَقْرِضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًاۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۙهُوَ خَيْرًا وَّاَعْظَمَ اَجْرًاۗ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (salat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Muzzammil ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement