Kamis 18 Jul 2024 11:42 WIB

Nasdem Sodorkan Ilham Habibie ke DPP PKS untuk Jadi Cagub Jabar

Nasdem mengajak PKS berkoalisi di Pilgub Jabar 2024.

Red: Andri Saubani
Putra Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Putra Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasdem menyodorkan Putra Sulung Presiden Ke-3 Indonesia BJ Habibie, yakni Ilham Akbar Habibie, ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jakarta, Kamis (18/7/2024), untuk diperkenalkan sebagai bakal calon gubernur yang diusung untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024. Ilham berkunjung ke PKS pada Kamis pagi, didampingi Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim untuk bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

"Tadi kita bicara Jawa Barat, mengapa Jawa Barat menjadi atensi kita, mengapa Jawa Barat jadi pilihan Kang Ilham dalam membenahi Indonesia menuju Indonesia Emas," kata Hermawi saat konferensi pers usai pertemuan.

Baca Juga

Hermawi mengatakan, bahwa Jawa Barat merupakan provinsi terbesar yang memiliki sumber daya yang besar. Dalam hal ini, menurutnya kunjungan itu dilakukan untuk saling melengkapi dalam menghadapi Pilkada 2024.

"PKS meskipun banyak kursi di Jawa Barat, ini tidak cukup, apalagi Nasdem yang cuma delapan kursi. Jadi kalau kita bisa ulangi kisah sukses koalisi di 01 (Pilpres), kenapa tidak," ucap dia.

Sementara itu, Ahmad Syaikhu menjelaskan bahwa beberapa hal yang menjadi kesepakatan yakni mengenai pengembangan sumber daya manusia untuk menuju Indonesia Emas 2045. Namun, terkait dukungan kepada Ilham di Jawa Barat, Syaikhu belum menyatakan partai-nya akan memutuskan.

"Saya menyambut baik dari teman-teman partai Nasdem yang terus berupaya ingin mencari sosok-sosok pemimpin untuk negeri kita termasuk yang disiapkan di Pilkada Jabar," tutur dia.

Sebagai bakal calon, Ilham Habibie mengatakan bahwa Jawa Barat merupakan salah satu provinsi terpenting untuk Indonesia. Sehingga menurutnya Jawa Barat bakal memiliki peran penting untuk menyongsong visi Indonesia Emas tersebut.

"Bagaimana mencapainya? Kita lihat saja contoh negara lainnya di Asia, misalnya Jepang, Korea, dalam 30 tahun terakhir ini Tiongkok. Waktu 90-an Tiongkok itu masih ada di bawah kita, tapi sekarang kok bisa maju? Kuncinya adalah di sumber dayanya," kata Ilham.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement