Kamis 18 Jul 2024 12:10 WIB

Nasdem Sodorkan Ilham Habibie Jadi Cagub Jabar, Ini Respons DPP PKS

Ilham Habibie hari ini berkunjung ke kantor DPP PKS di Jakarta.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Ilham Habibie
Foto: Muhammad Taufik
Ilham Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasdem membawa bakal calon gubernur (cagub) Jawa Barat (Jabar) Ilham Akbar Habibie untuk berkunjung ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024). Kedatangan Ilham bersama sejumlah elite Partai Nasdem itu tak lain untuk mencari dukungan PKS di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar).

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku partainya menyambut baik tawaran Partai Nasdem untuk mengusung Ilham Habibie di Pilgub Jabar. Pasalnya, Ilham, yang juga merupakan putra Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, merupakan sosok yang memiliki pengalaman dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM)

Baca Juga

"Ada kesepakatan di antara kami bahwa memang perlu untuk mengembangkan SDM. Tentu ini yang sangat menarik, apalagi saya kira beliau dalam hal ini memang kita kenal dari trah-nya Habibie ini yang betul-betul sangat expert dalam SDM," kata dia, Kamis.

Ia juga menyambut baik upaya dari Partai Nasdem yang ingin mengusung Ilham Habibie di Pilgub Jabar. Namun, menurut dia, belum ada kesepakatan final dari pertemuan yang juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim itu.

"Kehadiran beliau dan beliau juga sudah mulai berkeliling, mudah-mudahan ini kita akan ketemu dengan momentum yang pas dalam pilkada serentak 2024, khususnya di Jabar," ujar Syaikhu.

Sementara itu, Hermawi mengatakan, kunjungan mereka ke Kantor DPP PKS itu dilakukan tak lain untuk membicarakan peluang koalisi di Pilgub Jabar. Menurut dia, kontestasi politik di Jabar sangat penting, lantaran daerah itu merupakan provinsi dengan berpenduduk paling banyak di Indonesia.

"Jadi kedatangan kami di sini untuk bersilaturahmi, saling melengkapi. PKS meskipun banyak sekali kursinya di jawa barat, tetap tidak cukup. Apalagi Nasdem yang cuma delapan kursi. Jadi kalau kita bisa mengulangi success story koalisi 01, kenapa tidak?" ujar dia.

Berdasarkan pantauan Republika, kunjungan Ilham Habibie ke Kantor DPP PKS tak hanya ditemani oleh Sekjen Nasdem. Kunjungan Habibie ke markas PKS itu juga didampingi Ketua DPP Bidang Pembangunan dan Infrastruktur Okky Asokawati, Ketua DPP Bidang Pemilih Pemula dan Milenial Lathifa Al Anshori, dan Sekjen DPW Nasdem Jabar M Rachmat.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement