Kamis 18 Jul 2024 15:00 WIB

Mama Ghufron Minta Maaf, Ini Respons MUI

Mama Ghufron sampaikan permohonan maafnya secara terbuka.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Video permintaan maaf Mama Ghufron.
Foto: Akun youtube @ponpesuniqnusantara
Video permintaan maaf Mama Ghufron.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengasuh Pondok Pesantren Uniq Nusantara Pancasila, KH Muhammad Abdul Ghufron al-Bantani atau yang biasa dipanggil Mama Ghufron meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas video kontroversialnya yang beredar di media sosial. Dengan didampingi para pengurus pesantrennya, Mama Ghufron memohon maaf melalui video. 

Kendati demikian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan tetap mengusut ajaran Mama Ghufron selama ini. Ketua MUI Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan, Prof Utang Ranuwijaya mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan pendalaman terhadap ajarannya yang berpotensi menyesatkan masyarakat. 

Baca Juga

"Ya (pendalaman tetap dilakukan), terus dilanjutkan sesuai dengan SOP dalam menangani aliran atau pemikiran yang diduga sesat," ujar Prof Utang saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (18/7/2024).

Karena, lanjut dia, sudah ada beberapa temuan dari tim yang melakukan penelitian dan pengkajian, baik dari MUI Malang maupun dari tim MUI Pusat yang terkait dengan akidah maupun syariah.