Kamis 18 Jul 2024 15:21 WIB

PKS Belum Beri Kepastian, Nasdem Segera Ajak Ilham Habibie ke Golkar

Belum ada kesepakatan dengan PKS untuk mengusung Ilham Habibie.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie saat hadir di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie saat hadir di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasdem terus berupaya mencari dukungan untuk mengusung Ilham Akbar Habibie agar bisa maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar). Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyodorkan nama putra Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie itu kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim mengakui belum ada kesepakatan dengan PKS untuk mengusung Ilham Habibie. Namun, pihaknya akan terus menindaklanjuti pertemuan dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu soal calon yang akan diusung di Pilgub Jabar.

Baca Juga

"Ini akan dilanjutkan, akan dilanjutkan pada pertemuan yang lebih teknis, terutama oleh teman-teman Jawa Barat," kata dia di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024).

Ihwal hasil survei yang menunjukkan bahwa elektabilitas Ilham Habibie masih rendah, Partai Nasdem tak mau ambil pusing. Meningat, nama putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie tersebut termasuk baru dalam bursa Pilgub Jabar. Artinya, elektabilitas calon yang diusung Partai Nasdem masih bisa berubah lebih tinggi.

Hermawi mengatakan, pihaknya juga akan terus berupaya memperkenalkan Ilham Habibie kepada masyarakat dengan cara berkeliling. Namun, butuh waktu untuk berkeliling wilayah Jabar yang luas dan memiliki banyak penduduk.

"Kami tahu ini tidak mudah, tapi tidak mustahil juga. Kami terus berjalan, terus membangun optimisme," ujar dia.

Usai membawa Ilham Habibie bertemu dengan Presiden PKS, Hermawi mengatakan, pihaknya kemungkinan akan membawa yang bersangkutan untuk bersilaturahmi dengan ke sejumlah partai lain, termasuk Partai Golkar. Apalagi, Ilham Habibie juga merupakan bagian dari keluarga besar Partai Golkar.

"Ilham ini kan dari tokoh nasional, ia terbuka dan berdialog dengan siapa saja habis dari sini. Nanti kami pikirkan lagi beliau akan ke mana. Beliau juga kan dari keluarga besar misalnya, Golkar. Kami akan bawa Ilham dengan menyesuaikan jadwal yang sudah disusun kawan-kawan Jabar," kata dia.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Sikap resmi PKS. Baca di halaman selanjutnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement