Kamis 18 Jul 2024 17:19 WIB

Lansia Siaga, Menjaga Kesehatan Lansia di Gerai Sehat Rorotan

GSR diharapkan terus jadi pelopor dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas.

Red: Gita Amanda
Gerai Sehat Rorotan (GSR), sebuah fasilitas kesehatan yang berlokasi di Jakarta Utara, merayakan ulang tahun ke-9 dengan sebuah acara spesial yang penuh makna.
Foto: Dompet Dhuafa
Gerai Sehat Rorotan (GSR), sebuah fasilitas kesehatan yang berlokasi di Jakarta Utara, merayakan ulang tahun ke-9 dengan sebuah acara spesial yang penuh makna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerai Sehat Rorotan (GSR), sebuah fasilitas kesehatan yang berlokasi di Jakarta Utara, merayakan ulang tahun ke-9 dengan sebuah acara spesial yang penuh makna. GSR, yang didirikan melalui kerja sama antara Dompet Dhuafa (DD) dan PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP), mengusung tema “Lansia Siaga” dalam peringatan milad tahun ini (Kamis, 18/7/2024).

Sejarah kerja sama untuk masyarakat kurang mampu

Kerja sama antara DD dan PTTEP dimulai pada tahun 2014, didorong oleh visi dan misi bersama untuk membantu masyarakat miskin yang kesulitan mengakses fasilitas kesehatan. Kolaborasi ini melahirkan GSR di Rorotan, sebuah klinik yang telah berkembang pesat selama sembilan tahun terakhir. Kini, GSR tidak hanya melayani pemeriksaan dengan menggunakan BPJS Kesehatan tetapi juga memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang tidak terdaftar dalam BPJS.

Perayaan dengan fokus pada kesehatan lansia

Dalam perayaan milad ke-9, GSR mengadakan serangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi ratusan lansia yang tinggal di sekitar klinik. Tema “Lansia Siaga” dipilih sebagai wujud komitmen untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga lansia. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Wali kota Jakarta Utara, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Kapolsek Cilincing, Danramil Cilincing, serta stakeholder lainnya.

Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Duta Besar Thailand untuk Indonesia dan Duta Besar Thailand untuk ASEAN yang memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar klinik. Bantuan tersebut berupa paket obat-obatan, popok untuk lansia, dan multivitamin, sebagai bagian dari upaya untuk mendukung kesehatan lansia di wilayah tersebut.

Pelayanan kesehatan yang komprehensif

Sebanyak 150 lansia mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan berat badan, tekanan darah, serta pemeriksaan lanjutan seperti kolesterol, diabetes dan asam urat. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para lansia mendapatkan perhatian medis yang mereka butuhkan, serta untuk mencegah penyakit-penyakit kronis yang sering mengintai mereka.

photo
Gerai Sehat Rorotan (GSR), sebuah fasilitas kesehatan yang berlokasi di Jakarta Utara, merayakan ulang tahun ke-9 dengan sebuah acara spesial yang penuh makna. - (Dompet Dhuafa)

Komitmen terhadap masyarakat

Dengan hadirnya Gerai Sehat Rorotan, DD dan PTTEP berharap dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat miskin dengan menyediakan layanan kesehatan yang prima. Kedua organisasi ini terus berkomitmen untuk peduli kepada mereka yang kurang beruntung, memastikan bahwa setiap orang, terutama lansia, dapat menikmati kesehatan yang baik.

Harapan ke depan

Ruslani, warga RT 01 Kelurahan Rorotan mengakui bahwa sejak berdirinya GSR, ia sudah merasakan manfaatnya. “Saya inget itu sebelum ada BPJS, disini berobat udah gratis mbak, gak dipungut biaya apapun, pokoknya sangat membantu sekali bagi kami warga di sekitar sini” tukas pria 62 tahun yang hingga saat ini masih menjadi member tetap GSR.

GSR diharapkan dapat terus menjadi pelopor dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan komunitas internasional, GSR berkomitmen untuk terus melayani dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat sekitar.

Senada dengan Ruslani, Ketua RW 05 Rorotan,Bapak Madih juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang mendalam terhadap GSR. “Saya mewakili warga kami di RW 05 mengucapkan banyak terimakasih kepada Dompet Dhuafa dan PTTEP yang sudah peduli dengan kesehatan warga kami disini” ujarnya.

Perayaan milad GSR ke-9 bukan hanya sekadar peringatan ulang tahun, tetapi juga sebuah pengingat akan pentingnya kolaborasi dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, khususnya lansia. Dengan semangat “Lansia Siaga”, GSR terus melangkah maju, memberikan harapan dan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am ayat 70)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement