Jumat 19 Jul 2024 16:59 WIB

20 SMK se-Jabodetabek Kolaborasi Lahirkan Produk Ekspor

Siswa SMK wajib dibangun kemampuannya dalam berwirausaha

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti lomba kompetensi antar sekolah (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti lomba kompetensi antar sekolah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemendikbudristek mengajak 20 SMK di Jabodetabek berkolaborasi untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan begitu, nantinya produk-produk hasil karya mereka diharapkan bisa bernilai jual hingga ke luar negeri.

"Saat ini ada tiga bidang kejuruan yang terlibat. Pertama Desain Komunikasi Visual (DKV, Tata Busana dan Tata Boga," kata Plt Direktur Mitras DUDI Uuf Brajawidagda di kantor IDDC Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Dia menjelaskan, kolaborasi yang dilakukan bukan hanya antar-SMK. Tapi juga pihaknya juga melakukan kolaborasi dengan sejumlah kementerian, salah satunya Kementerian Perdagangan.

"Ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk semakin berinteraksi dengan teman-teman industri," tutur dia.

Uuf menerangkan, siswa SMK wajib dibangun kemampuannya dalam berwirausaha. Sehingga SMK bisa menjadi salah satu rantai pemasok produk ke perusahaan.

"Banyak produk tentu saja teman-teman SMK kita bisa masuk ke sana kita punya terkait ekonomi kreatif, kita punya sektor manufaktur yang sudah mengeluarkan banyak produk," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag, Merry Maryati mengatakan pihaknya di Indonesia Design Development Center (IDDC) tengah melakukan pengembangan ekspor nasional.

Sehingga IDDC kata dia memberikan fasilitas bagi sivitas akademik, termasuk sekolah untuk mengembangkan produk. "Untuk bisa membuat atau menelurkan produk yang memang berkualitas, berorientasi ekspor dan juga bernilai tambah," kata Merry.

Merry pun mengungkapkan, sejatinya kolaborasi dengan pendidikan vokasi sudah berjalan sejak lama. Salah satunya yang dilakukan pada gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW).

"Saat ini dengan sharing session dengan SMK se-Jabodetabek ini harapannya memberikan semacam pengetahuan ataupun apa aja sih yang sebetulnya menjadi tren saat ini, tren pasar dan juga perilaku konsumen saat ini," ucap dia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement