Jumat 19 Jul 2024 14:06 WIB

Berhasil Tembus Tel Aviv, Houthi: Ini Awal Serangan Lebih Besar ke Israel

Houthi menyatakan serangan ditingkatkan karena diamnya dunia Arab atas genosida..

Red: Fitriyan Zamzami
Polisi memeriksa kerusakan di lokasi ledakan yang diduga oleh Drone di Tel Aviv, Israel,Jumat (19/7/2024). Kelompok Houthi mengeklaim serangan yang menewaskan seorang itu.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Polisi memeriksa kerusakan di lokasi ledakan yang diduga oleh Drone di Tel Aviv, Israel,Jumat (19/7/2024). Kelompok Houthi mengeklaim serangan yang menewaskan seorang itu.

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA – Kelompok Houthi menyatakan bahwa serangan drone ke Tel Aviv akan jadi awal peningkatan operasi militer Houthi ke Israel. Mereka menekankan bahwa kota-kota lainnya akan jadi sasaran selanjutnya.

Seorang anggota biro politik Houthi, Hazam al-Assad mengatakan kepada outlet berita Lebanon Almayadeen bahwa Israel harus berhati-hati “di semua kota”. Ia menjanjikan bahwa “apa yang akan terjadi lebih besar bagi musuh selama agresi terhadap Gaza dilanjutkan”.

Baca Juga

Al-Assad mengatakan Houthi telah memasuki fase strategis baru dalam operasi melawan musuh. Ia menambahkan bahwa ada “integrasi dengan kekuatan front perlawanan di Lebanon, Irak, dan Palestina yang diduduki”. 

Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang dikendalikan kelompok Houthi pada Jumat mengumumkan keberhasilan serangan pesawat tak berawak yang menargetkan situs penting di Tel Aviv. Serangan itu sebagai kelanjutan dari operasi mereka untuk mendukung Gaza.

“Operasi tersebut dilakukan oleh drone Yafa yang baru dikembangkan,” kata juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman Brigadir Jenderal Yahya Saree pada Jumat pagi. Nama drone ini diambil dari nama kota Palestina yang diduduki oleh "Israel" sebagai bagian dari Tel Aviv raya.

Menurutnya, UAV dirancang dengan tujuan khusus untuk menghindari radar musuh dan sistem intersepsi. Ia menekankan, drone mencapai targetnya dan mencapai tujuan operasionalnya.

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Angkatan Bersenjata Yaman kini menganggap wilayah Tel Aviv sebagai zona serangan dan target utama operasi di masa depan.

Saree menyatakan niat YAF untuk terus fokus pada serangan strategis terhadap front internal pendudukan Israel, yang bertujuan untuk menjangkau jauh ke dalam wilayahnya. Selain itu, juru bicara tersebut mengungkapkan bahwa Angkatan Bersenjata Yaman memiliki bank target di wilayah Israel, termasuk situs militer dan keamanan yang sensitif.

Pernyataan tersebut lebih lanjut menegaskan komitmen YAF untuk mendukung Perlawanan Gaza yang heroik, yang membela dunia Arab dan Islam, dan menegaskan bahwa operasi YAF akan terus berlanjut sampai agresi terhadap Gaza berhenti dan pengepungan terhadap rakyat Palestina di sana dicabut.

Laman berita Israel Ynet melansir, tidak ada sirine atau peringatan yang diaktifkan sebelum pesawat tak berawak itu meledak di dekat kompleks Kedubes AS di Tel Aviv Jumat pagi. Serangan itu  yang mengakibatkan kematian satu orang akibat luka pecahan peluru dan melukai setidaknya delapan lainnya yang dirawat di rumah sakit setempat. Saksi mata melaporkan adanya suara dengungan keras sebelum ledakan.

Peningkatan serangan ke laut... baca halaman selanjutnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement