Jumat 19 Jul 2024 22:57 WIB

Lewat Metamorposa, Pelajar Madrasah Sukabumi Digali Kreativitasnya

Kegiatan ini dapat meningkatkan kreatifitas, dan mengembangkan nilai, moral, dan sikap.

Rep: Arie Lukihardianti bandung 24jam/ Red: Partner
.
Foto: network /Arie Lukihardianti bandung 24jam
.

Pembukaan kegiatan Metamorpsa dalam menggali kreativitas pelajar MAN 1 Kota Sukabumi, Jumat (19/7/2024).
Pembukaan kegiatan Metamorpsa dalam menggali kreativitas pelajar MAN 1 Kota Sukabumi, Jumat (19/7/2024).

SUKABUMI—Para pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi didorong untuk memaksimalkan bakat dan potensinya. Hal ini dilakukan dengan menggelar ajang Metamorposa (Menggali Kreativitas Meningkatkan Moral dan Potensi Siswa-red) yang merupakan rangkaian kegiatan setelah Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama).

Gelaran Metamorposa dilaksanakan pada 19-20 Juli 2024 di MAN 1 Kota Sukabumi dan Kawasan Villa Cantik Kota Sukabumi. ‘’ Kami dari Kementerian Agama Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada Plt Kepala Madrasah dan seluruh panitia pada kegiatan ini karena berjalan begitu semarak,’’ ujar Kasubag TU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi Dagus Surahman, Jumat (19/7/2024).

Menurut dia, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kreatifitas, dan mengembangkan nilai, moral, dan sikap. Khususnya dalam mendorong strategi pencapaian seperti pendidikan karakter, intensitas dengan kegiatan keagamaan yang nanti dilaksanakan, konseling, realitas, metode everyone is teacher here, dan teknik sosiodrama. Selanjutnya, metode melalui media audio visual, dan lain-lain,

Semuanya berperan dalam meningkatkan kreatifitas dan moral, serta mengaktifkan otak sebelah kanan. ‘’ Untuk memahami Kegiatan Matsama dan Metamorposa ini, kita menukil pendapat Syaikh Ibnu Utsaimin Rohimahulloh pernah berkata: "Siapa saja yang tidak menjaga hak Allah Azza wa Jalla dalam pendidikan anak-anaknya dikhawatirkan mereka tidak akan menjaga hak Allah pada (orang tua mereka) ketika dia tua dan meninggal dunia.” Shifatush Sholat: 27,’’ ungkapnya.

Plt Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Rustandi menerangkan, Metamorposa merupakan rangkaian kegiatan setelah Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama). Dalam rangka menggali kreativitas, meningkatkan moral dan potensi siswa baru, maka Metamorposa perlu dilaksanakan.

‘’ Metamorposa meliputi seluruh kegiatan yang bersifat menggali kreativitas, meningkatkan moral dan potensi siswa baru. diikuti seluruh siswa baru kelas X,’’ jelas Rustandi. Metamorposa bertujuan untuk merealisasikan visi dan misi MAN 1 Kota Sukabumi, mewujudkan program kerja OSIS, MPK dan Ekstrakulikuler, menggali kreativitas, meningkatkan moral dan potensi siswa baru.

Ketua Panitia Dian Suhendar menambahkan, indikator ketercapaian kegiatan adalah terlaksananya kegiatan Metamorposa oleh seluruh Siswa baru kelas X MAN 1 Kota Sukabumi. “ Siswa baru yang mengikutinya mendapatkan hasil kompetensi sesuai dengan target yang diharapkan,’’ jelasnya.n Riga Nurul Iman

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement