Sabtu 20 Jul 2024 14:49 WIB

Perkuat UMKM di BUMN, Erick Thohir Resmikan Vending Machine Binaan PosIND Bandung

Program ini PosIND bekerja sama dengan 100 mitra binaan menawarkan 117 produksi

Red: Arie Lukihardianti
Launching vending machine dan UMKM Corner di PosIND Bandung
Foto: Dok Republika
Launching vending machine dan UMKM Corner di PosIND Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Menteri BUMN, Erick Thohir, meresmikan program Vending Machine dan UMKM Corner PosIND di Graha Pos Indonesia Jalan Banda, Kota Bandung. Program ini merupakan inisiatif strategis untuk mendukung perluasan akses pemasaran dan penjualan produk UMKM.

 

Baca Juga

Hadir meresmikan Vending Machine dan UMKM Corner PosIND Staf Khusus III Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis Rachman Ferry Isfianto, Dirut Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, serta jajaran Komisaris, direksi, dan lainnya.

“Saya mengapresiasi di PT Pos menyediakan Vending Machine tepat disebelah lift karyawan. Semoga kedepannya BUMN lainnya bisa menerapkan sistem ini," ujar Arya saat memberikan sambutan pada acara launching vending machine dan UMKM Corner.

 

Arya mengatakan, pentingnya kolaborasi antara BUMN dan UMKM, yang diharapkan dapat menciptakan solusi win-win bagi kedua belah pihak. Selain itu, Kementerian BUMN juga fokus pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM melalui berbagai program edukasi dan penyediaan akses permodalan. Langkah ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan UMKM di seluruh Indonesia.

 

"Dengan memperluas akses pasar, memberikan edukasi, serta menyediakan akses permodalan, kami berharap UMKM dapat tumbuh lebih cepat dan berkelanjutan," ujar Arya.

Sementara menurut Dirut Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, pada program ini PosIND bekerja sama dengan lebih dari 100 mitra binaan yang menawarkan 117 produk makanan dan minuman kemasan, 66 produk fashion, dan 108 produk craft.

 

Divisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PosIND berperan dalam menyediakan platform efektif bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas. Produk-produk UMKM tersebut telah melalui proses kurasi ketat sebelum dipamerkan di Vending Machine dan UMKM Corner.

 

“Dari hampir 500 UMKM yang mendaftar, hanya yang lolos kurasi yang terlibat dalam program ini. Mereka juga telah diberikan pembekalan terkait fasilitas pengiriman melalui PosAja! dan kemudahan layanan QRIS Pospay,” katanya.

 

PosIND berkolaborasi dengan PT Kerabat Wirausaha Nusantara dalam pengelolaan Vending Machine dan UMKM Corner. Program Vending Machine dan UMKM Corner PosIND menawarkan integrasi solusi end-to-end yang membedakannya dari program lain.

 

UMKM Corner di area Kantor Pos tidak hanya menjadi wadah strategis untuk promosi produk tetapi juga pusat logistik yang efisien. Para pelaku UMKM dapat langsung mengurus pengiriman produk mereka melalui layanan PosAja! dan menikmati kemudahan penarikan dana melalui QRIS Pospay.

 

“Dengan pendekatan ini, kami tidak hanya menjadi penyedia ruang promosi tetapi juga mitra strategis bagi UMKM dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Program ini mencerminkan komitmen kami dalam mendukung perekonomian lokal dan mengangkat potensi UMKM di era digital,” katanya.

 

Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan program ini. "Bersama-sama, mari kita lanjutkan untuk memajukan UMKM Indonesia ke tingkat yang lebih baik," katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement