Sabtu 20 Jul 2024 19:31 WIB

Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 Siap Digelar

UMS siap menjadi tuan rumah Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024.

Red: Hasanul Rizqa
UMS di Surakarta, Jawa Tengah.
Foto: dok ums
UMS di Surakarta, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menggelar Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024. Kegiatan tahunan tersebut kali ini dijadwalkan bertempat di area kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah.

Rektor UMS Prof Sofyan Anif mengatakan, pihaknya siap menyambut seluruh peserta Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024. Bahkan, ia mempersilakan MPI PP Muhammadiyah untuk menggunakan Edutorium bila jumlah peserta membludak. Sebagai informasi, acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 10-11 Agustus 2024 mendatang.

Baca Juga

Sofyan Anif pun mengapresiasi agenda yang diusung oleh MPI PP Muhammadiyah ini. Menurut dia, peran pers dalam menyebarluaskan informasi tentang Persyarikatan adalah signifikan.

Sebagai contoh, penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah pada 2022 lalu, yang ketika itu UMS bertindak sebagai tuan rumah. Keberhasilan acara itu terwujud antara lain berkat peran pemberitaan yang intensif dari para insan dan lembaga media, termasuk pers yang terafiliasi dengan Muhammadiyah (afiliasiMu).

"Kami berterima kasih atas pemberitaan-pemberitaan Muktamar lalu,” kata Prof Sofyan Anif saat menerima silaturahim jajaran MPI PP Muhammadiyah pada Jumat (19/7/2024) di UMS, Surakarta, Jateng.

Untuk selanjutnya, menurut dia, komunitas media afiliasiMu perlu terus bersinergi. Dengan demikian, media-media yang tergabung di dalamnya dapat semakin dekat dengan Muhammadiyah. “Perlu disinergikan agar mampu mengelola isu yang berguna untuk Persyarikatan,” saran Rektor UMS.

Wakil Ketua III MPI PP Muhammadiyah Dr Roni Tabroni mengamini pandangan Rektor UMS. Menurut akademisi Universitas Muhammadiyah Bandung itu, secara kuantitas, jumlah media daring (online) yang tergabung dalam komunitas media afiliasiMu terus bertambah.

"Di Jambore Media AfiliasiMu kali ini, akan dirumuskan peningkatan kualitas kelembagaan dan jurnalisnya agar mereka mampu meningkatkan branding Persyarikatan, khususnya di dunia maya,” ujar Roni Tabroni.

Diperkirakan, sebanyak 200 pegiat pers dan literasi akan hadir dalam Jambore Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024. Acara ini akan bertempat di kampus UMS, Pesantren Mahasiswa UMS, dan Edutorium UMS.

Wakil Ketua II MPI PP Muhammadiyah Wiwied Widyastuti menjelaskan,akan ada lima komunitas yang hadir di Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024. Kelimanya ialah komunitas taman pustaka Muhammadiyah, LBSO 'Aisyiyah, media afiliasiMu, penerbit Muhammadiyah dan MPI PWM se-Indonesia.

Rencananya, pembukaan festival akan diikuti oleh seluruh komunitas tersebut. Untuk kemudian, acara yang menyertakan mereka masing-masing dilaksanakan secara bersamaan "Kegiatan masing-masing komunitas, di antaranya, kongres serikat taman pustaka, jambore media afiliasi Muhammadiyah, dan hari dongeng Aisyiyah," katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement