Ahad 21 Jul 2024 05:44 WIB

Mediasi Awkarin dengan Driver Ojol, Ingat Dua Ayat Alquran Bernomor 9 dan 10 Ini

Awkarin dan driver ojol sudah melakukan mediasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi / Hafil/ Red: Muhammad Hafil
Mediasi Awkarin dengan Driver Ojol, Ingat Dua Ayat Alquran Bernomor 9 dan 10 Ini. Foto:   Alquran (ilustrasi).
Foto: Republika.co.id
Mediasi Awkarin dengan Driver Ojol, Ingat Dua Ayat Alquran Bernomor 9 dan 10 Ini. Foto: Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Melaui unggahan di Instagram belum lama ini, selebgram Karin Novilda atau Awkarin mengungkap pengalaman pahitnya saat menggunakan layanan Go Food dari aplikasi Gojek. Awkarin mengaku bahwa dia mendapat ancaman dari oknum driver bernama Fikri Kharisma.

Selebgram itu kemudian melaporkan tindakan pengancaman ini kepada Gojek. Karin mengatakan, bahwa driver tersebut bisa membahayakan konsumen. Dia pun menyesalkan karena Gojek tidak bisa merespons langsung keluhannya tersebut.

Baca Juga

Namun tak berselang lama, driver tersebut pada akhirnya mengakui kesalahan terhadap perilakunya yang kurang sopan kepada Karin. Dalam sebuah video permintaan maaf, Fikri mengaku kalau dirinya sedang memiliki masalah pribadi, sehingga berpengaruh pada tindakannya malam itu.

“Saya meminta maaf atas keteledoran saya dan kesalahan saya. Sekali lagi Kak Awkarin, saya meminta maaf. Saya juga ada masalah pribadi,” kata driver tersebut dalam video permintaan maaf yang diunggah Karin di Instagram.

Namun, pihak Gojek ternyata memberhentikan driver tersebut. Terkait hal ini, Ketua Dewan Penasehat Armada Seluruh Ojek Online Indonesia (ASOOI) Krisna meminta Gojek untuk mengevaluasi keputusannya memberhentikan Fikri Kharisma sebagai mitra driver. Krisna menilai sanksi putus mitra imbas perselisihan dengan selebgram Awkarin sangat memberatkan bagi driver ojek online (ojol) tersebut.

Krisna mengatakan, Fikri bersikap kooperatif dan mau mengakui kesalahan, serta meminta maaf kepada Awkarin dan Gojek. Dengan begitu, ucap Krisna, Fikri layak mendapatkan kesempatan untuk kembali bekerja sebagai mitra Gojek.

"Apalagi proses mediasi berjalan baik, jadi sebetulnya tidak ada urgensi untuk memberikan sanksi seberat itu," ucap Krisna.

Head of Product Communications Gojek Rosel Lavina mengatakan pihak Gojek beberapa waktu lalu juga telah memfasilitasi mediasi antara pelanggan dan oknum driver. Rosel mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sehingga mediasi dapat berjalan lancar, kondusif dan selesai dengan baik.

Bagaimana mediasi dalam Islam?

Terlepas dari konflik Awkarin dan driver gojek yang saat ini sedang melakukan mediasi, Islam sebenarnya telah menganjurkan umat yang bersengketa untuk melakukan mediasi. Dalam artikel berjudul Mediasi dalam Perspektif QS Al Hujurat ayat 9 dan 10 Beserta Korelasinya yang ditulis oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Cilegon Abdul Mustopa dan diunggah di website resmi Pengadilan Agama Cilegon pa-cilegon.go.id disebutkan bahwa perdamaian merupakan sistem penyelesaian perkara (probem solving) yang sama-sama menguntungkan di antara para pihak. Tidak ada yang merasa dikalahkan atau dipecundangi karena dalam perdamaian lebih mengutamakan asas persaudaraan yang mana egoisme atau pemaksaan kehendak akan lebih lunak sehingga kedua belah pihak merasa diuntungkan.
 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement