Senin 22 Jul 2024 07:29 WIB

Lando Norris Raih Pole Position di Kualifikasi GP Hungaria

Kualifikasi Terpukul Hujan dan Kecelakaan: Perez Terpaksa Tersingkir di Q1

Rep: Muhammad Nabil/ Red: Partner
.
Foto: network /Muhammad Nabil
.

Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, BUDAPEST -- Lando Norris berhasil meraih pole position dalam kualifikasi yang penuh drama untuk Grand Prix Hungaria di Hungaroring. Norris, pembalap McLaren, mencatatkan waktu tercepat 1:15.227 dalam sesi kualifikasi yang dipenuhi oleh bendera merah dan kondisi cuaca yang tidak menentu.

Dalam kualifikasi yang berlangsung pada Jumat sore, Norris menunjukkan performa impresif di putaran awal Q3 dengan waktu 1:15.227. Namun, sesaat setelah Norris mencatatkan waktu tersebut, sesi kualifikasi terhenti akibat kecelakaan Yuki Tsunoda di Tikungan 5 yang menyebabkan bendera merah. Setelah insiden tersebut, sisa waktu kualifikasi menjadi sangat krusial karena kondisi cuaca yang berubah-ubah.

"Kualifikasi tidak mudah, kondisi sulit seperti yang Anda katakan, tetapi selalu berakhir di posisi teratas adalah bagian terbaiknya. Senang, terutama untuk tim, posisi satu-dua bahkan lebih baik untuk dilihat, jadi selamat untuk tim." Kata Lando.

Meskipun kondisi lintasan yang semakin buruk, Norris berhasil mempertahankan posisi terdepannya hingga akhir sesi. Rekan setim Norris di McLaren, Oscar Piastri, mencatatkan waktu kedua tercepat dengan selisih 0,022 detik di belakang Norris. Max Verstappen dari Red Bull, yang memutuskan untuk tidak melaju lagi di saat-saat akhir, menempati posisi ketiga. Carlos Sainz dari Ferrari mengisi posisi keempat, diikuti oleh Lewis Hamilton dari Mercedes di posisi kelima.