Senin 22 Jul 2024 13:23 WIB

Gunung Gede Pangrango Nol Derajat Celcius dan Diselimuti Es, Ini Penjelasan Ahli ITB

Fenemona embun es di sejumlah pegunungan di Jawa Barat juga pernah terjadi pada 2019.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andri Saubani
Puncak Gunung Gede
Foto:

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pada akhir pekan lalu mencatat kawasan alun-alun Suryakancana membeku akibat suhu udara yang menurun tajam terutama pagi hari. Sehingga, pendaki harus berhati-hati dan mengenakan perlengkapan sesuai standar agar tidak mengalami hipotermia.

Humas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) Deni saat dihubungi Kamis (18/7/2024), mengatakan suhu udara mengalami penurunan sejak beberapa terakhir, bahkan hal yang sama dapat dirasakan di kawasan pintu masuk pendakian Cibodas dan Gunung Putri.

"Suhu di kawasan Alun-alu Suryakancana sempat dilaporkan sampai 0 derajat saat pagi hari, penurunan suhu terjadi lebih dingin dibandingkan biasanya, untuk pastinya kami masih menunggu laporan petugas," kata Deni.

Seiring penurunan suhu tersebut, pihaknya meminta pendaki untuk ekstra hati-hati dalam melakukan aktivitas pendakian, patuhi aturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku serta mematuhi anjuran petugas di pintu masuk pendakian.