Senin 22 Jul 2024 17:52 WIB

Cara Komunikasi Rasulullah: Efektif dan Afektif

Rasulullah SAW berbicara dengan perhatikan terlebih dahulu lawan bicaranya.

Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok yang pengertian. Dalam arti, beliau shalallahu 'alaihi wasallam selalu mempertimbangkan dengan siapa dirinya berbicara. Dengan begitu, cara komunikasinya akan efektif dan sekaligus afektif.

Informasi tersampaikan dengan baik. Pada saat yang sama, perasaan dan harga diri lawan bicara tidak tersinggung.

Baca Juga

Rasulullah SAW selalu peka terhadap kapasitas lawan bicaranya. Beliau berbicara dengan memerhatikan kadar kemampuan mereka. Sebab, kemajemukan adalah sunnatullah. Tiap orang memiliki tingkat pengetahuan dan konteks yang berbeda-beda. Dengan memerhatikan hal itu, penyampaian ilmu atau pesan-pesan dari beliau tidak akan menimbulkan kesalahpahaman.

Rasulullah SAW selalu mempertimbangkan perbedaan kadar tiap lawan bicaranya. Kepada orang yang dinilai cerdas, beliau cukup menggunakan isyarat atau metafora. Tidak langsung ke pokok persoalan, karena demikianlah percakapan antarorang-orang yang berilmu. Adapun dengan orang yang daya tangkapnya terbatas, maka beliau shalallahu 'alaihi wasallam menjelaskan dengan contoh-contoh yang lebih konkret.

Umpamanya, merujuk pada sebuah hadits riwayat dari Abu Hurairah. Dikatakan di sana sebagai berikut.

“Seorang laki-laki dari Bani Fazarah datang kepada Nabi SAW, kemudian berkata: ‘Istriku melahirkan seorang anak yang berkulit hitam dan aku tidak mengakui anak itu.’

Rasulullah SAW bertanya: ‘Engkau mempunyai unta?’

Ia pun menjawab: ‘Ya.’

Maka beliau bertanya lagi: ‘apa warna kulit untamu itu?’

Ia menjawab: ‘Merah.’

Beliau bertanya: ‘Apakah pada kulitnya terdapat warna kelabu hitam-hitam?’

Ia menjawab: ‘Ya.’ Beliau bertanya lagi:

‘Dari mana warna itu?’

‘Mungkin warna itu berasal dari keturunannya.’

Maka beliau berkata: ‘Inipun (anak lelaki Bani Fazarah itu --Red) mungkin saja berasal dari keturunannya.’"

Dalam kesempatan itu, Rasulullah SAW memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang dengan kapasitas yang demikian. Yakni, tentang genetik. Beda perspektif antara orang yang berilmu dan kurang berilmu tidak mesti merendahkan salah satu pihak.

Contohlah akhlak Nabi Muhammad SAW, seperti dinarasikan di atas. Beliau memberikan pemahaman kepada si penanya tanpa membuat lawan bicaranya itu bingung atau tersinggung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

(QS. At-Tahrim ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement