Selasa 23 Jul 2024 04:00 WIB

Siap Perangi Israel, Begini Detail Kekuatan Tempur Houthi

Kelompok Houthi berhasil mengembangan sejumlah senjata dengan lekas belakangan.

Red: Fitriyan Zamzami
Pendukung Houthi membawa senapan mesin dan bendera Palestina dalam unjuk rasa menentang serangan AS terhadap Yaman di Sanaa, Jumat, 17 Mei 2024.
Foto: AP Photo/Osamah Abdulrahman
Pendukung Houthi membawa senapan mesin dan bendera Palestina dalam unjuk rasa menentang serangan AS terhadap Yaman di Sanaa, Jumat, 17 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA – Saling serang antara kelompok Houthi alias Ansar Allah dari Yaman dengan Israel kian menjadi-jadi. Pimpinan Ansar Allah menjanjikan perang panjang dengan Israel jika Jalur Gaza terus dibombardir. Mampukah Houthi melayani perang dengan Israel?

Ancaman eskalasi lebih lanjut Houthi memiliki dampak berbeda setelah menargetkan Tel Aviv dengan drone Jaffa. Diperkirakan laju eskalasi akan meningkat, dan langit negara pendudukan akan dipenuhi dengan kawanan drone dari generasi ke generasi yang telah dikembangkan oleh kelompok Ansar Allah selama bertahun-tahun.

Baca Juga

Kemampuan militer dan strategis apa yang dimiliki kelompok Houthi? Apakah mereka benar-benar dapat memasuki pertempuran besar? Bagaimana rudal dan drone mereka mencapai Israel? Investigasi Aljazirah Arabia memaparkan hal tersebut.

Sistem rudal

Rudal pertama, yang diyakini ikut serta dalam serangan berturut-turut terhadap Irael, adalah rudal balistik jarak menengah "Taufan", dengan jangkauan 1.350-1.950 kilometer, yang desainnya mirip dengan rudal Iran, rudal Ghadr. Rudal ini diyakini memiliki tahap pertama yang menggunakan bahan bakar cair, dan tahap kedua yang menggunakan bahan bakar padat, yang memungkinkannya memiliki jangkauan yang jauh. Rudal tersebut memiliki panjang sekitar 16 meter dan lebar sekitar satu setengah meter.

Rudal balistik bekerja berdasarkan prinsip sederhana: mereka diluncurkan dalam bentuk busur, keluar dari atmosfer dan kemudian kembali ke Bumi untuk mencapai sasaran, dalam jalur yang telah ditentukan (yang membuatnya relatif mudah untuk diprediksi dan dicegat), dan begitu tiba, rudal tersebut akan ditembakkan. rudal melepaskan muatannya.

Rudal jenis ini dapat diluncurkan dari berbagai platform seperti platform darat, kapal selam atau silo, dan dalam kasus rudal Taufan, diluncurkan dari platform darat bergerak, yang siap dioperasikan hanya dalam waktu 30 menit. Rudal ini saat ini dirancang untuk membawa hulu ledak konvensional, namun mampu dipersenjatai dengan hulu ledak kimia atau nuklir, yang beratnya mencapai sekitar 800 kilogram. Jika rudal mampu mencapai sasarannya, tingkat kesalahan lokasi sasaran spesifiknya berada dalam lingkaran dengan diameter 80-100 meter.

photo
Seorang pendukung Houthi mengacungkan drone tiruan di depan spanduk pemimpin tertinggi Houthi Abdul-Malik al-Houthi selama protes terhadap AS dan Israel dan untuk mendukung Palestina, di Sanaa, Yaman, 1 Maret 2024. - (EPA-EFE/YAHYA ARHAB)

Kelompok Houthi belakangan  memperbarui jangkauan persenjataan rudal mereka dengan sangat cepat. Pada 2015, Houthi mengumumkan peluncuran rudal Qaher-1 dan Qaher-M2, yang merupakan bagian dari keluarga rudal permukaan-ke-udara Soviet jenis SAM V-755, yang dimodifikasi untuk misi serangan darat. Rudal ini mampu mencapai jangkauan 250-400 km.

Pada Maret 2017, rudal Qaher-2 digunakan secara operasional, yang pada saat itu memiliki jangkauan dan kapasitas muatan yang lebih besar daripada versi pertama. Rudal Soviet yang sebelumnya ada di gudang senjata tentara Yaman telah dimodifikasi untuk memuat hulu ledak seberat 350 kg, bukan hulu ledak asli seberat 195 kg. Perkembangan ini memicu kontroversi di kalangan peneliti tentang sifat konversi ini.

Rudal Burkan-1 diumumkan pada 2016, dan kemungkinan merupakan versi modifikasi dari rudal Shahab-1 Iran dengan jangkauan hingga 800 kilometer. Diikuti oleh Burkan-2H, yang diluncurkan pada 2017, sebuah rudal balistik jarak pendek yang berasal dari rudal Qiam Iran dengan jangkauan 1.000 kilometer. Pada September 2023, turunan lain dari rudal Qiam Iran yang juga memiliki jangkauan 1.000 kilometer ditampilkan, yang diberi nama Aqeel.

Sejak 2019, Houthi telah mengumumkan kepemilikan mereka atas rudal Burkan 3, yang merupakan rudal jarak jauh di gudang senjata Houthi (sebelum munculnya Taufan), melebihi ambang 1.200 kilometer, dan diyakini telah digunakan untuk pertama kalinya pada 1 Agustus 2019.

 Drone Houthi makin canggih... baca halaman selanjutnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement