Selasa 23 Jul 2024 05:57 WIB

Ternyata Gunung Juga Beribadah kepada Allah SWT, Ini 3 Amalannya yang Diungkap Alquran

Allah SWT menciptakan semua makhluk termasuk gunung untuk beribadah

Red: Nashih Nashrullah
Puncak Gunung Gede Pangrango (ilustrasi). Allah SWT menciptakan semua makhluk termasuk gunung untuk beribadah
Foto: BTN GN Gede Pangrango
Puncak Gunung Gede Pangrango (ilustrasi). Allah SWT menciptakan semua makhluk termasuk gunung untuk beribadah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Gunung, merupakan salah satu ciptaan Allah SWT yang disebutkan dalam Alquran.

Berbicara tentang gunung, mengingatkan kita tentang tugas gunung yang diungkap Alquran, yaitu beribadah kepada Allah SWT.

Baca Juga

Perbincangan tentang gunung mencuat menyusul Gunung Gede Pangrango yang membeku di puncak musim panas pada Juli 2024.

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mencatat suhu mencapai 0 derajat celcius Kawasan alun-alun Suryakancana membeku akibat suhu udara yang menurun tajam terutama pagi hari. Lantas apa saja aktivitas beribadah yang dilakukan gunung:

Pertama, bersujud

Siapa sangka, jika Allah SWT menyatakan gunung juga bersujud kepada-Nya. Hal ini sebagaimana diabadikan dalam surat al Hajj ayat 18.

تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ۖ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ ۗ وَمَنْ يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ ۩

“Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.”

Ayat ini bersifat umum, mencakup semua makhluk Allah SWT yang ada di langit dan bumi, tak terkecuali gunung. Hanya saja, terkait dengan teknis dan cara gunung bersujud, hanya Allah SWT yang mengetahui.

Tafsiran Ibnu Katsir, dalam karyanya Tafsir al-Quran al-Adhim, disebutkan bahwa sujudnya gunung tampak melalui bayangannya yang berpindah dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Kedua, bertasbih

Gunung juga bertasbih kepada Allah SWT. Amalan yang dilakukan gunung ini juga disebutkan

1. Al Anbiya 79

فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ ۚ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا ۚ وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُودَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ ۚ وَكُنَّا فَاعِلِينَ

“Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan kamilah yang melakukannya.”

photo
INFO GRAFIS Fakta Unik tentang Alquran - (Republika )

2. Saba 1

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud", dan Kami telah melunakkan besi untuknya”,

3. Sad 18

 إِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهُ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِشْرَاقِ

“Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi.”

Bertasbih dalam...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement