Selasa 23 Jul 2024 06:58 WIB

Jurus Erick Thohir Jaga Kesehatan Mental Karyawan BUMN

Menteri Erick Thohir berkomitmen tingkatkan performa kerja karyawan BUMN.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Erdy Nasrul
Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengungkapkan pentingnya memperhatikan kesehatan mental terutama dalam era perubahan korporasi dan digital yang semakin cepat.
Foto: Pertamina
Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengungkapkan pentingnya memperhatikan kesehatan mental terutama dalam era perubahan korporasi dan digital yang semakin cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian BUMN menunjukan konsistensinya dalam mengutamakan kesehatan mental karyawan BUMN di seluruh Indonesia. Perhatian tersebut dibuktikan melalui roadshow acara 1000 Manusia Bercerita yang terlaksana di Cikole Jayagiri Resort Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan diikuti oleh 312 karyawan millennial dan influencer BUMN wilayah Jawa Barat, yang diajak untuk memahami emosi diri dalam rangka mewujudkan kesadaran akan kesehatan mental.

Baca Juga

Menteri BUMN Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengungkapkan pentingnya memperhatikan kesehatan mental terutama dalam era perubahan korporasi dan digital yang semakin cepat serta penuh tekanan.

"Banyak terjadi perubahan di korporasi, semakin berkembang teknologi digital maka tekanan semakin bertambah," ujar Arya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (22/7/2024).

Arya menilai penting bagi karyawan BUMN untuk mengetahui cara melepaskan emosi, mengekspresikan diri, sehingga hal itu dapat membantu menghadapi tekanan. Arya menyampaikan isu kesehatan mental karyawan BUMN juga menjadi perhatian dari Erick Thohir.

"Pak Menteri melihat hal ini dan memulai gerakan pertama di korporasi, untuk tidak hanya membicarakan tentang kinerja atau keuangan namun tentang mental dan jiwa karyawan BUMN," ucap Arya.

Arya mengatakan kegiatan yang terkait kesehatan mental ini selaras dengan janji Erick Thohir dalam perbaikan keberlangsungan kualitas hidup karyawan BUMN, seiring dengan diresmikannya Employee Wellbeing Policy (EWP) oleh Kementerian BUMN beberapa waktu lalu. EWP merupakan sebuah pedoman bagi BUMN untuk memberikan perhatian bagi aspek hidup lain dari karyawannya selain dari pekerjaan, salah satunya adalah kesehatan mental.

Arya menyampaikan Kementerian BUMN mendukung penuh upaya menjaga kesehatan mental karyawan BUMN. Kementerian BUMN juga telah memfasilitasi kebutuhan kesehatan mental karyawan dengan ruang tenang, tempat meditasi dan konsultasi di kementerian.

"Kita juga ada hotline bagi karyawan BUMN yang membutuhkan bantuan dalam hal kesehatan mental. Hal ini tentunya akan berdampak pada kinerja perusahaan yang makin baik, dan perusahaan tidak lagi memperlakukan karyawan sebagai angka, namun sebagai manusia," sambung Arya.

1000 Manusia Bercerita Jawa Barat merupakan bagian dari rangkaian roadshow yang telah menjangkau ribuan karyawan millennial BUMN. Jawa Barat menjadi lokasi ke-7 penyelenggaraan kegiatan dan terwujud berkat kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan platform Menjadi Manusia yang didukung oleh Telkom Indonesia, Pertamina, KAI, Biofarma, dan Pos Indonesia.

"Ke depan, kegiatan ini direncanakan untuk terus menjangkau kota dan provinsi lainnya agar dapat meningkatkan literasi serta praktik terkait kesehatan mental di Indonesia, sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat dan sejahtera," kata Arya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement