Selasa 23 Jul 2024 13:09 WIB

Mobil Bekas Masih Digemari, Ini yang Jadi Pilihan Milenial

Persentase milenial pembeli mobil bekas diperkirakan meningkat seiring waktu.

Pekerja membersihkan mobil bekas yang dijual di bursa mobil bekas Mall Blok M. Tren milenial membeli mobil bekas meningkat,
Foto: Republika/Prayogi
Pekerja membersihkan mobil bekas yang dijual di bursa mobil bekas Mall Blok M. Tren milenial membeli mobil bekas meningkat,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform jual beli mobil bekas daring Carro menyampaikan bahwa mobil bekas sangat diminati oleh generasi milenial sehingga sampai menimbulkan tren baru dalam penjualan kendaraan di platform pada paruh pertama 2024. Data yang dihimpun Carro menunjukkan bahwa 64 persen penjualan mobil bekas mereka pada paruh pertama 2024 melibatkan pelanggan generasi milenial dan persentase milenial pembeli mobil bekas diperkirakan meningkat seiring waktu.

"Dari data penjualan Carro, kami melihat banyak faktor positif yang terus mendorong pasar mobil bekas, seperti peningkatan pendapatan, jumlah keluarga yang semakin banyak, dan juga credit score yang semakin baik," kata Country Head Carro Indonesia Bryan Tan dalam siaran pers perusahaan di Jakarta pada Selasa (23/7/2024).

Baca Juga

Banyaknya milenial, sebutan bagi orang kelahiran tahun 1981 sampai 1996, yang mencari kendaraan bermuatan banyak dengan budget terbatas telah meningkatkan minat terhadap kendaraan berukuran lebih besar seperti MPV dan SUV, yang merupakan salah satu pendorong peningkatan pasar mobil bekas menurut perusahaan.

Data Carro menunjukkan, pilihan mobil yang paling populer di kalangan milenial pada paruh pertama tahun 2024 yakni Multipurpose Vehicle (MPV). Sebanyak 41 persen anggota generasi milenial mengincar MPV bekas. Dengan ruang yang lebih luas dan kegunaan yang fleksibel, MPV cocok digunakan untuk menempuh perjalanan jauh bersama keluarga.

Mobil perkotaan juga menjadi salah satu incaran pembeli milenial di pasar mobil bekas. Proporsi penjualan mobil yang cocok bagi pekerja di perkotaan ini mencapai 35 persen dalam data penjualan Carro.

Selain itu, data Carro menunjukkan bahwa satu dari empat orang yang membeli Sport Utility Vehicle (SUV) atau sekitar 22 persen dari pembeli SUV di pasar mobil bekas merupakan generasi milenial.

SUV menjadi salah satu pilihan milenial karena dinilai cocok digunakan berkendara di jalanan perkotaan maupun di medan berat seperti jalanan berbau. Kata Bryan, popularitas dari tipe-tipe mobil ini mencerminkan preferensi milenial akan kepraktisan, gaya, dan fungsionalitas.

"Asalkan mobil yang dibeli bebas dari bekas banjir dan kecelakaan, dan dalam kualitas yang baik, mobil bekas bisa memberikan kenyamanan seperti layaknya mobil baru," ia menambahkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement