Rabu 24 Jul 2024 05:36 WIB

Tangan Terbuka Macron untuk Kontingen Israel di Olimpiade Paris di Tengah Genosida di Gaza

Komite Olimpiade Palestina ingin adanya pemboikotan terhadap Israel.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyampaikan pidato, Rabu 12 Juni 2024 di Paris.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Presiden Prancis Emmanuel Macron menyampaikan pidato, Rabu 12 Juni 2024 di Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah protes masyarakat dunia atas keikutsertaan kontingen Israel dalam Olimpiade Paris 2024, Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan sangat terbuka dengan kedatangan atlet asal negeri zionis tersebut.

"Atlet Israel diterima di negara kami. Mereka harus dapat bersaing di bawah warna mereka karena gerakan Olimpiade telah memutuskannya," kata Presiden Prancis, Emmanuel Macron dikutip AFP, Rabu.

Baca Juga

"Saya mengutuk dengan cara sekuat mungkin semua orang yang menciptakan risiko bagi para atlet ini dan secara implisit mengancam mereka," imbuh Macron.

Sebelumnya, terjadi penolakan kehadiran Israel yang dilayangkan oleh beberapa anggota parlemen Prancis sayap kiri dan Komite Olimpiade Palestina yang ingin agar ada pemboikotan.

Genosida Israel yang tak juga berhenti di Gaza, penyerangan pasukan penjajah terhadap fasilitas olahraga dan para atlet Palestina, hingga sikap parlemen Israel yang mengeluarkan resolusi untuk menolak negara Palestina dinilai menjadi alasan kuat untuk memboikot negara penjajah tersebut. 

photo
Sejumlah pengunjuk rasa dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina mengangkat kartu merah saat aksi Bela Palestina di kawasan Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta, Ahad (21/7/2024). Salah satu tuntutan dari unjuk rasa tersebut untuk menolak Israel pada gelaran Olimpiade Paris 2024. - (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso)

Macron menambahkan bahwa Israel memiliki "hak untuk membela diri" tetapi menyebut pemboman Gaza yang terus berlanjut – di mana 39.090 orang telah tewas, menurut perkiraan terbaru dari Kementerian Kesehatan di Gaza – "tidak dapat diterima"."Prancis adalah salah satu negara pertama di Eropa yang menyerukan gencatan senjata," ujar Macron.

Presiden Isaac Herzog telah mengonfirmasi bahwa dia akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade pada Jumat waktu setempat. Macron mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga akan "diterima" tetapi tidak diharapkan karena dia masih berada di Amerika Serikat.

Dalam pembukaan olimpiade, sebagian besar jalan pusat kota Paris akan dialihkan terutama menjelang upacara di sepanjang sungai Seine. Nantinya sebanyak 45.000 anggota pasukan keamanan akan bertugas serta 10.000 tentara untuk mencegah insiden apa pun yang akan merusak pembukaan event empat tahunan tersebut."Ada tantangan keamanan dan itu berlaku untuk semua ibu kota yang menyelenggarakan Olimpiade," kata Macron.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement