Rabu 24 Jul 2024 15:35 WIB

Kisah Sukses SMA Muhammadiyah 1 Yogya yang Tiadakan Jurusan Dua Tahun Terakhir

Siswa menjadi lebih fleksibel dalam mengambil mata pelajaran.

Rep: Silvy Dian Setyawan/ Red: A.Syalaby Ichsan
Alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Ikamuhi) menggelar talkshow Cegah Narkoba dari Kita Sendiri di auditorium Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta, Jumat (25/8/2023). Kegiatan tersebut diikuti ratusan siswa SMA Muhi Yogyakarta.
Foto:

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mempertanyakan kebijakan penghapusan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA. Menurut dia, kebijakan dikhawatirkan menjadi kebijakan yang sporadis.

Kebijakan ini akan diterapkan oleh Kemendikbudristek pada tahun ajaran 2024/2025 secara nasional. Di DIY sendiri, kebijakan peniadaan jurusan sudah berjalan sejak dua tahun lalu di hampir seluruh SMA. 

“Kebijakan penghapusan jurusan SMA yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek patut dipertanyakan. Sistem ini sudah berlangsung lama (di DIY) dan terbukti cukup baik. Saya khawatir ini akan jadi kebijakan sporadis saja yang justru akan membingungkan sekolah,” kata Huda kepada Republika, Selasa (23/7/2024).

photo
Para siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) yang mengikuti Olimpiade Sains Tingkat Kota Yogyakarta, dan tembus ke Olimpiade Sains Tingkat DIY. - (dokpri)

Hal ini dikatakan Huda mengingat kebijakan tersebut diambil di akhir masa jabatan pemerintahan Presiden Jokowi. Bahkan, Huda juga khawatir kebijakan ini justru akan menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintahan selanjutnya.