Kamis 25 Jul 2024 08:23 WIB

Pertamina-Toyota Uji Coba Bahan Bakar Bioetanol 100 Persen

Bioetanol 100 persen (E100) diproduksi dari tanaman sorgum.

Red: Satria K Yudha
Pertamina dan Toyota berkolaborasi melakukan uji coba bahan bakar bioetanol 100 persen
Foto: ANTARA/HO-Pertamina
Pertamina dan Toyota berkolaborasi melakukan uji coba bahan bakar bioetanol 100 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Toyota melakukan pengisian perdana dan menguji coba penggunaan bioetanol yang bersumber dari batang tanaman sorgum pada kendaraan roda empat. Uji coba tersebut dilakukan di ajang pameran industri kendaraan bermotor Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2024).

Pada uji coba yang dilakukan di GIIAS 2024, bioetanol 100 persen (E100) yang diproduksi dari tanaman sorgum digunakan sebagai bahan bakar alternatif pada kendaraan Flex Fuel Vehicle (FFV) Toyota.

Baca Juga

Senior Vice President Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, untuk mengadakan uji coba di GIIAS 2024, Pertamina telah memproduksi sebanyak 150 liter bioetanol yang diproduksi dari ampas biomasa, yaitu batang tanaman Sorgum.

Proses produksi bahan bakar nabati tersebut menggunakan peralatan distilasi dan dehidrasi yang terdapat di fasilitas laboratorium technology innovation milik Pertamina. Langkah itu juga sebagai komitmen Pertamina dalam mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan bioenergi di berbagai sektor.