Kamis 25 Jul 2024 10:10 WIB

70 Ribu Calon Jamaah Haji Berpotensi Berangkat dari Kertajati pada 2025

Di masa mendatang, Kertajati akan dikembangkan menjadi bandara khusus haji dan umroh.

Red: Ani Nursalikah
Anggota Polres Indramayu melaksanakan pengamanan dan pelayanan saat keberangkatan calhaj Kloter 16 Kota Bandung, dari Asrama Haji Kabupaten Indramayu menuju Bandara BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, Senin (27/5/2024).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Anggota Polres Indramayu melaksanakan pengamanan dan pelayanan saat keberangkatan calhaj Kloter 16 Kota Bandung, dari Asrama Haji Kabupaten Indramayu menuju Bandara BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, Senin (27/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan sekitar 70 ribu calon jamaah haji dan umroh dari Jawa Barat dan Jawa Tengah berpotensi bisa diberangkatkan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati  pada 2025.

"Tadi info dari Pak Asda 1 tahun depan ada 70.000 calon haji yang mau ke Kertajati, untuk sementara dari Jawa Tengah bagian barat sudah masuk ke sini. Artinya tahun depan jumlah penumpang sudah bertambah," kata Bey di Gedung Sate Bandung, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga

Bey mengungkapkan di masa mendatang, Kertajati akan dikembangkan menjadi bandara khusus haji dan umroh. Hal ini tidak lepas dari kesuksesan tahun 2024, untuk kali pertama BIJB Kertajati menjadi embarkasi haji yang telah melayani 30 kloter dengan sekitar 13.000 orang calon haji.

"Rencana selanjutnya, ada beberapa investor yang berminat untuk mengembangkan menjadi bandara untuk haji dan umroh, nanti kami update," ujar Bey.

Namun demikian, Bey mengatakan sampai musim haji 2025 tiba, Pemprov Jabar masih harus terus mencari cara agar BIJB Kertajati mendapatkan penumpang sebanyak-banyaknya.

"Tapi tantangan kami dari hari ini sampai tahun depan kami harus bisa bertahan atau menambah penerbangan dari Kertajati, nanti kami koordinasikan karena ada satu tower yang belum beroperasi," katanya.

Dari informasi yang diterima, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat mengungkapkan seluruh kelompok terbang (kloter) haji asal Jawa Barat sebanyak 93 kloter telah kembali.

Pada 93 kloter haji asal Jabar tersebut, yang berangkat 40.594 orang, namun yang kembali ke Tanah Air baru 40.473 orang, dengan yang terakhir datang adalah 316 orang Kloter 30 asal Embarkasi Kertajati, sementara lima orang masih tertahan di Arab Saudi karena harus menjalani perawatan sebelum berangkat.

Selama pelaksanaan ibadah haji 2024, Kemenag Jabar mengungkapkan ada 69 peserta haji yang wafat, dengan rincian 41 orang asal Embarkasi Bekasi (JKS) dan 28 asal Embarkasi Kertajati (KJT), kesemuanya dimakamkan di Baqi (Madinah), Syaraya (Makkah), dan Jeddah.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement