Kamis 25 Jul 2024 10:36 WIB

BRI Salurkan Kredit Rp 1.336,78 Triliun di Kuartal II 2024, Tumbuh 11,2 Persen

Penyaluran kredit yang tumbuh double digit tersebut membuat aset BRI meningkat.

Rep: Eva Rianti/ Red: Ahmad Fikri Noor
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mencatatkan telah menyalurkan kredit sebesar Rp 1.336,78 triliun pada kuartal II 2024.
Foto: BRI
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mencatatkan telah menyalurkan kredit sebesar Rp 1.336,78 triliun pada kuartal II 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mencatatkan telah menyalurkan kredit sebesar Rp 1.336,78 triliun pada kuartal II 2024, atau tumbuh 11,2 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Dari penyaluran kredit tersebut, sebesar 81,96 persen di antaranya atau sejumlah Rp 1.095,64 triliun merupakan portofolio kredit untuk segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Penyaluran kredit yang tumbuh double digit tersebut membuat aset BRI tercatat meningkat. Tercatat aset BRI mencapai hingga Rp 1.977,37 triliun atau tumbuh 9,54 persen secara yoy.

Baca Juga

Kemudian, tercatat pula rasio loan average ratio 12 persen pada akhir kuartal II 2024. Non performing loan (NPL) 3,05 persen. NPL BRI di coverage cadangan lebih dari 2 kali lipat. Adapun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 1.389,66 triliun didominasi giro dan tabungan atau CASA tumbuh 7,66 persen (yoy), sehingga porsi dana murah BRI 63,17 persen. Net interest margin (NIM) tercatat 7,64 persen, capital adequacy ratio (CAR) 25,13 persen, dan cost income ratio (CIR) 41 persen.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pertumbuhan kredit dua digit merupakan komitmen BRI dalam mendorong penciptaan lapangan pekerjaan pada segmen UMKM.

“Sebagai bank yang portofolio terbesarnya di segmen UMKM, NPL di kisaran 3 persen ini menunjukkan bahwa BRI mampu menjaga kualitas kreditnya dengan baik melalui penerapan prinsip-prinsip risk management yang baik. Karena main di UMKM dalam situasi seperti saat ini tidak mudah dan penuh tantangan,” kata Sunarso dalam konferensi pers Paparan Kinerja Keuangan BRI Kuartal II 2024 yang digelar secara daring, Kamis (25/7/2024). 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement