Kamis 25 Jul 2024 13:51 WIB

Universitas BSI Kampus Pontianak Gelar Workshop dan Uji Kompetensi

Ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang sistem basis data.

Red: Ahmad Fikri Noor
Tempa mahasiswa jadi ahli basis data adalah tujuan utama Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak saat menggelar kegiatan wajib akademik dengan tema
Foto: Universitas BSI
Tempa mahasiswa jadi ahli basis data adalah tujuan utama Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak saat menggelar kegiatan wajib akademik dengan tema "Workshop dan Uji Kompetensi Berbasis Industri Bidang Sistem Basis Data" di Aula Kampus Universitas BSI Pontianak.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Tempa mahasiswa jadi ahli basis data adalah tujuan utama Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak saat menggelar kegiatan wajib akademik dengan tema "Workshop dan Uji Kompetensi Berbasis Industri Bidang Sistem Basis Data" di Aula Kampus Universitas BSI Pontianak. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dwi Aji Mardiyanto yang didatangkan langsung dari Camp 404.

Dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak, Muhammad Sony Maulana menekankan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang sistem basis data sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca Juga

"Pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan industri yang terus berubah, mahasiswa perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis yang relevan. Workshop dan uji kompetensi ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa, sehingga mereka dapat memahami bagaimana sistem basis data diterapkan dalam konteks industri nyata," ujar Sony dalam rilis yang diterima, Kamis (25/7/2024).

Sesi pertama diisi dengan workshop yang dipandu oleh Dwi Aji Mardiyanto. Workshop ini memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai sistem basis data, serta bagaimana menerapkannya dalam dunia industri. Sesi kedua dilanjutkan dengan agenda uji kompetensi, di mana para mahasiswa diuji kemampuannya dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama workshop.

Dwi menjelaskan pentingnya penguasaan sistem basis data dalam dunia industri. Sistem basis data merupakan tulang punggung bagi berbagai aplikasi dan layanan yang digunakan dalam berbagai sektor, mulai dari e-commerce hingga manajemen sumber daya manusia.

"Penguasaan sistem ini tidak hanya membantu dalam mengelola data secara efisien tetapi juga dalam mengambil keputusan yang berbasis data yang lebih akurat dan tepat waktu. Dalam dunia yang semakin didorong oleh data, kemampuan untuk memahami, mengelola, dan menganalisis data menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan," jelas Dwi.

Ia menambahkan, teknologi terus berkembang, dan mahasiswa harus selalu siap untuk belajar dan beradaptasi dengan perubahan tersebut. Melalui workshop ini, para peserta diberikan kesempatan untuk belajar langsung dari praktisi yang berpengalaman di industri, mendapatkan wawasan tentang tren terbaru, serta memahami tantangan dan solusi praktis yang diterapkan dalam dunia nyata.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa Universitas BSI Kampus Pontianak dapat memiliki kompetensi yang lebih baik dalam bidang sistem basis data, sehingga siap menghadapi tantangan di dunia industri.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement