Kamis 25 Jul 2024 19:35 WIB

Hari Ini Kuningan Dilanda Gempa Bumi Dangkal

Kedalaman gempa hanya lima kilometer.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Gempa bumi tektonik kembali melanda Kabupaten Kuningan, Kamis (25/7/2024) pukul 17.36 WIB. Gempa juga sebelumnya terjadi pada hari ini pukul 04.01 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, menjelaskan, berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi sore ini berkekuatan M=4,1. Adapun episenter terletak pada koordinat 6.98 LS dan 108.5 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak satu kilometer tenggara Kabupaten Kuningan. "Kedalamannya lima kilometer," kata Indra.

Indra menjelaskan, berdasarkan penjelasan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, maka gempa bumi yang terjadi kali ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Hingga pukul 18.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat pun diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Saat ini kami sedang menginventarisir sebaran gempa serta wilayah yang terdampak gempa," ujar Indra.

Sementara itu, pada pagi hari ini pukul 04.01 WIB, wilayah Kabupaten Kuningan juga dilanda gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=3,6. Episenternya terletak pada koordinat 6.98 LS dan 108.51 BT, atau berlokasi di darat pada jarak tiga kilometer tenggara Kabupaten Kuningan pada kedalaman enam kilometer.

"Lokasi (gempa sore ini) identik dengan tadi pagi," jelas Indra.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement