Jumat 26 Jul 2024 05:00 WIB

Pelita Jaya Curi Kemenangan di Kandang Prawira pada Gim 1 Final Four IBL 2024

Pelita Jaya menang tipis 84-80 atas Prawira dalam pertandingan ketat sejak awal..

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain asing Pelita Jaya Kevin Mc Daniels menerobos di antara penjagaan dua pemain Prawira Harum Bandung dalam pertandingan pertama final four IBL 2024 di Bandung, Kamis (25/7/2024) malam. Pelita Jaya menang 84-80.
Foto: IBL/Reni Guyuna Sari
Pemain asing Pelita Jaya Kevin Mc Daniels menerobos di antara penjagaan dua pemain Prawira Harum Bandung dalam pertandingan pertama final four IBL 2024 di Bandung, Kamis (25/7/2024) malam. Pelita Jaya menang 84-80.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelita Jaya Jakarta berhasil mencuri kemenangan di kandang Prawira Bandung pada gim 1 final four playoff IBL 2024. Dalam laga yang berlangsung ketat di C'Tra Arena Bandung, Kamis (25/7/2024) malam, Pelita Jaya menang tipis 84-80.

Ronde kedua playoff IBL 2024 menggunakan format best of three. Sebab itu, Andakara Prastawa dkk hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke partai final. Gim kedua akan berlangsung di markas Pelita Jaya, yang menggunakan Indoor Stadium SC Tangerang sebagai kandang mereka di playoff.

Baca Juga

Pelatih Prawira David Singleton memercayakan starting five berisi Yudha Saputera, Brandone Francis, Indra Muhammad, Pandu Wiguna, dan Manuel Suarez. Sebaliknya dari Pelita Jaya, James L. Dickey III, Andakara Prastawa Dhyaksa, Brandon Jawato, M. Reza Fahdani Guntara, dan Justin Brownlee memulai laga.

Jual-beli serangan kedua terjadi sejak awal. Skor imbang 17-17 pada kuarter pertama. Di kuarter kedua, Prawira mendapatkan momentum ketika mereka mengumpulkan empat poin di menit keempat. Prawira unggul 26-23. Sejak saat itu, Prawira terus memimpin hingga di tiga menit tersisa, K. J. McDaniels menyamakan kedudukan menjadi 33-33.

 

Kemudian sebelum jeda menuju ruang ganti, Prawira mendapatkan dua angka dari Antonio Hester yang membuat mereka unggul 41-37 pada akhir kuarter kedua.

Pelita Jaya bangkit di kuarter ketiga. Mereka total menorehkan 24 poin. Sebaliknya Prawira kesulitan hanya mencetak 13 poin, sehingga kuarter ini Pelita Jaya mengambil alih keunggulan 61-54.

Kuarter penentuan berlangsung panas, tiga menit terakhir kedua tim bergantian untuk memimpin hanya berjarak satu poin. Namun Pelita Jaya yang akhirnya mampu memenangkan gim ini setelah di bawah 30 detik Prastawa memasukkan satu tembakan medium untuk membuat skor 84-80. Prawira meminta time out untuk merancang skema serangan dari tiga angka, tapi gagal dieksekusi dengan sempurna.

Kevin Mc Daniels memimpin Pelita Jaya dengan 24 poin. Brownlee mencetak 22 poin, termasuk tembakan tiga angka pada sisa satu menit yang membalikkan keadaan menjadi 82-78. Prastawa, meski hanya mencetak dua poin sepanjang laga, berhasil menambah poin krusial lewat turn around jump shot di sisa 18 detik untuk mengunci kemenangan Pelita Jaya. Dari bangku cadangan, Jerome Anthony Beane Jr. menambahkan 18 poin.

Sebaliknya pemain lokal Prawira memimpin perolehan poin tim. Point Guard Yudha Saputera memimpin dengan 20 poin, Brandone Francis 19 poin dan Anthony Hester mencetak double-double 14 poin dan 11 rebound.

Langkah Prawira Bandung untuk mempertahankan gelar juara IBL semakin berat. Pasalnya gim selanjutnya akan di gelar di kandang Pelita Jaya. Jika bisa menyamakan skor 1-1, gim penentuan juga kembali digelar di markas Pelita Jaya, Ahad (28/7/2024). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement