Jumat 26 Jul 2024 06:46 WIB

Makin Bersatu, Pejuang Palestina Tukar Ilmu di Tepi Barat

Serangan perlawanan Palestina terus meningkat di Tepi Barat.

Red: Fitriyan Zamzami
Militer Israel berkumpul didekat kendaraan usai melakukan serangan militer di kamp pengungsi Al Faraa Palestina di Tepi Barat yang diduduki , Senin, 10 Juni 2024.
Foto: AP Photo/Majdi Mohammed
Militer Israel berkumpul didekat kendaraan usai melakukan serangan militer di kamp pengungsi Al Faraa Palestina di Tepi Barat yang diduduki , Senin, 10 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT – Pejabat Hamas di Tepi Barat yang diduduki, Zaher Jabarin, mengungkapkan adanya koordinasi, kerja sama dan transfer keahlian antarfaksi perlawanan Palestina di Tepi Barat. Dia menekankan bahwa Tepi Barat akan tetap melakukan pemberontakan sampai berakhirnya penjajahan Israel.

Dalam sebuah wawancara dengan Aljazirah Kamis malam, Jabareen menekankan bahwa seluruh rakyat Palestina di Tepi Barat – yang ia gambarkan sebagai pihak yang selalu menjadi pihak yang lemah terhadap pendudukan – kreatif dalam alat perjuangan mereka melawan pendudukan. Ia mencatat bahwa Tepi Barat “memiliki persediaan pejuang dan syuhada dari seluruh spektrum masyarakat kami.”

Baca Juga

Dia menekankan bahwa intensitas faksi-faksi adalah batu terbesar yang menghancurkan tujuan penjajahan. Menurutnya, rakyat Palestina di Tepi Barat tidak punya pilihan selain bekerja melawan penjajah dan “berjuang sampai kami mendapatkan kemerdekaan dan hak-hak mereka yang dirampas.”

Jabareen juga menekankan bahwa rakyat Palestina, dengan seluruh komponennya, bersatu mendukung perlawanan, menekankan bahwa semua jajak pendapat di Tepi Barat memberikan preferensi pada opsi ini.

Mengenai ancaman penjajah untuk menggunakan pesawat di Tepi Barat, seorang pejabat Hamas di Tepi Barat menjawab, “Ancaman ini tidak membuat kami takut. Kami yakin masyarakat Tepi Barat akan tetap memberontak dan terus kreatif dalam segala cara perlawanan.”

 

Meningkatnya resistensi

Tepi Barat menyaksikan peningkatan dan perluasan cakupan operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh faksi-faksi perlawanan. Faksi-faksi ini mengembangkan taktik tempur mereka dan mampu memproduksi senjata dan amunisi meskipun ada pembatasan keamanan yang diberlakukan oleh Israel terhadap pergerakan orang dan pergerakan di Tepi Barat.

Tiga hari lalu, Pengawas Keuangan Negara Israel, Matanyahu Englman, mengatakan dalam sebuah laporan bahwa insiden penembakan di Tepi Barat meningkat sebesar 330 persen antara Januari 2022 dan Juni 2023 dibandingkan periode yang sama antara tahun 2019 dan 2021.

Media Israel, termasuk Kan dan Israel Hayom, melaporkan kutipan dari laporan Engelman Selasa lalu, yang mengungkapkan peningkatan tajam dalam laju operasi bersenjata Palestina di Tepi Barat. Pengungkapan laporan tersebut terjadi seiring seruan Israel untuk terus mengintensifkan operasi militer dalam upaya menghilangkan perlawanan bersenjata di Tepi Barat.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant mengatakan dia telah memerintahkan komando pusat tentara Israel untuk menghilangkan apa yang dia sebut sebagai "batalyon bersenjata" di Tepi Barat. Dia juga telah menghapus pembatasan penggunaan drone militer di sana untuk mengurangi risiko kematian tentara Israel.

Sejak Operasi Banjir Al-Aqsa, pembunuhan Israel terhadap pejuang perlawanan di Tepi Barat semakin meningkat, dan tentara Israel mulai menggunakan drone dan bahkan pesawat tempur untuk melakukan operasi tersebut.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement