Jumat 26 Jul 2024 08:59 WIB

10 Peristiwa Besar dan Keutamaan Hari Jumat, Nomor 9 Spesial Banget

Hari Jumat momentum yang baik untuk memperbanyak ibadah.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi melaksanakan sholat Jumat di area Masjid al-Aqsha.
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Ilustrasi melaksanakan sholat Jumat di area Masjid al-Aqsha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jumat, hari yang sangat spesial buat umat Islam, menyimpan sejumlah peristiwa besar. Di hari yang mulia tersebut, Muslim dianjurkan memperbanyak tadabur Alquran dan munajat. Berikut ini adalah peristiwa besar yang terjadi pada Jumat.

1. Disyariatkannya Shalat Jumat

Keutamaan satu ini telah difirmankan oleh Allah SWT tertulis dalam Surat Al Jumuah ayat 9:

Baca Juga

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)}

Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

2. Terjadinya Hari Kiamat

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

"Pada hari itu (Jumat) Kiamat akan terjadi dan tak ada binatang melata satu pun kecuali mereka menunggu pada hari Jumat sejak subuh sampai terbit matahari karena takut akan datangnya hari Kiamat kecuali jin dan manusia". (HR. Abu Daud).

3. Nabi Adam Diciptakan

Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat, kemudian Allah memerintahkan semua makhluk bersujud kepada Adam.

5. Nabi Adam Dikeluarkan dari Surga dan Diturunkan ke Bumi

Ini disebabkan Adam dan Hawa memakan buah khuldi, sesuatu yang dilarang Allah

6. Dikumpulkannya Kedua Orang Tua

Keistimewaan hari Jumat berikutnya adalah dikumpulkannya kedua orang tua oleh Allah SWT. Hal tersebut telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang telah diriwayatkan dalam hadis berikut ini:

قَالَ ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَرَفَةَ، حَدَّثَنَا عَبِيدة بْنُ حُمَيد، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ أَبِي مَعْشَرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ قَرْثَع الضَّبِّيِّ، حَدَّثَنَا سَلْمَانُ قَالَ: قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَايَا سَلْمَانُ، مَا يَوْمُ الْجُمُعَةِ؟ ". قُلْتُ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَوْمٌ جُمع فِيهِ أَبَوَاكَ -أَوْ أَبُوكُمْ"

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Arafah, telah menceritakan kepada kami Ubaidah ibnu Humaid, dari Mansur, dari Abu Ma'syar, dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Qursa' Ad-Dabbi, telah menceritakan kepada kami Salman, bahwa Abul Qasim Saw. pernah bersabda, "Hai Salman, apakah hari Jumat itu?" Salman menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Maka Rasulullah Saw. bersabda: Hari Jumat itu adalah hari yang padanya Allah menghimpunkan kedua orang tuamu, atau orang tuamu.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement