Jumat 26 Jul 2024 14:04 WIB

Susu dan Kemasan Plastik dalam Uji Coba Makan Bergizi Dikritik, Gibran Bilang Begini

Gibran mulai melakukan uji coba program makan bergizi gratis di beberapa daerah.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Mas Alamil Huda
Gibran tinjau program makan bergizi gratis di SD Tugu 120 Jebres, Solo, Jumat (26/7/2024).
Foto: Alfian
Gibran tinjau program makan bergizi gratis di SD Tugu 120 Jebres, Solo, Jumat (26/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memberi penjelasan alasan penggunaan kemasan plastik dalam uji coba makan gratis. Anak Presiden Jokowi itu mengatakan, salah satu alasan penggunaan kemasan plastik agar anak bisa membawa pulang jika makanan tak habis.

"Kalau ada anak yang masih kenyang atau sarapan agak berat kan packaging bisa dibawa pulang. Kemarin ada banyak masukan masalah packaging, ada yang bilang kok dari plastik, kami pertimbangannya biar makanan kalau tidak masih bisa dibawa pulang," kata Gibran, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga

Gibran menegaskan, pihaknya terbuka untuk semua masukan. Ia juga mempertimbangkan penggunaan piring jika dirasa kemasan tersebut akan menimbulkan dampak negatif ke depannya.

"Tapi nanti kalau ada masukan lain misalnya pakai piring atau stainless bisa. Sekali lagi, ini masih uji coba. Kami tindak lanjuti lagi, yang jelas kemarin pertimbangan kalau tidak habis dibawa pulang, tapi kalau sekiranya menimbulkan dampak negatif terkait kemasan plastik dan lain-lain akan kami ubah," katanya.

Sumentara itu terkait susu yang diberikan ke siswa dinilai tinggi gula, Gibran mengatakan akan menggantinya jika salah. "Hari ini kita pakai yang putih, sekali lagi ini uji coba, saya siap terima masukan dari evaluasi dari siapapun. Sekiranya jenis susunya tidak berkenan atau salah, kami siap ganti," katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ وَّكَانَ عَرْشُهٗ عَلَى الْمَاۤءِ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ۗوَلَىِٕنْ قُلْتَ اِنَّكُمْ مَّبْعُوْثُوْنَ مِنْۢ بَعْدِ الْمَوْتِ لَيَقُوْلَنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَٓا اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan ‘Arsy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Jika engkau berkata (kepada penduduk Mekah), “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan setelah mati,” niscaya orang kafir itu akan berkata, “Ini hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Hud ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement