Jumat 26 Jul 2024 14:50 WIB

Muncul Isu Fadli Zon Jadi Menlu, Gibran Serahkan ke Prabowo

Gibran menegaskan, Fadli merupakan sosok yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Gibran Rakabuming Raka menjelang perpisahan sebagai wali kota Solo.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Gibran Rakabuming Raka menjelang perpisahan sebagai wali kota Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Muncul isu Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon masuk jajaran kabinet era Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Bahkan, sudah beredar kabar Fadli diplot sebagai menteri luar negeri (Menlu).

Dikonfirmasi terkait hal itu, Wakil Presiden Terpilih Gibran menyerahkan masalah pemilihan menteri kepada Presiden Terpilih Prabowo. "(Fadli Zon jadi menlu) nanti, kalau urusan kabinet nanti ya. Keputusan di Pak Presiden terpilih (Prabowo)," katanya usai meninjau makan bergizi gratis di SDN Tugu, Jebres, Kota Solo, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga

Kendati demikian, Gibran menegaskan, Fadli merupakan sosok yang tidak perlu dipertanyakan lagi kiprahnya di kancah nasional dan internasional. Saat ini, Fadli menjabat ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI periode 2019-2024. 

Hanya saja, Gibran sekali lagi menegaskan, keputusan itu ada di tangan Prabowo. "Keputusan ada di Pak Presiden terpilih. (Masuk pertimbangan masuk kabinet) kalau beliau budayawan, udah nggak usah diragukan lagi. (Masuk daftar) nanti saja," ujar mantan wali kota Solo tersebut.

Disinggung apakah sudah pembicaran penyusunan kabinet dengan Prabowo, Gibran tidak menampiknya. Apalagi, saat ini pembahasan juga menyinggung terkait peluang tokoh di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM). Meski begitu, Gibran enggan menjelaskan lebih lanjut terkait penentuan menteri. "Sudah ada komunikasi, di tunggu saja. Ditunggu aja," katanya mengakhiri.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement