Jumat 26 Jul 2024 17:04 WIB

Jadi Bacagub Jateng dari PKB, Ini Penjelasan Gus Yusuf

PKB masih terus melakukan konsolidasi di daerah-daerah.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
 Ketua DPW PKB Jawa Tengah, KH M Yusuf Chudlori, pada acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW PKB Jateng, di Semarang.
Foto: Dokumen
Ketua DPW PKB Jawa Tengah, KH M Yusuf Chudlori, pada acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW PKB Jateng, di Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) baru-baru ini mengumumkan nama Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf untuk maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng). Saat ini Gus Yusuf menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKB Jateng. 

Dalam wawancara via telepon dengan Republika pada Jumat (26/7/2024), Gus Yusuf mengungkapkan, pembahasan tentang pemilihannya sebagai bakal calon gubernur Jateng sudah berlangsung cukup lama. "Ya memang itu sudah diproses sudah lama. Sudah diproses tiga bulan ini," ucapnya.

 

Menurut Gus Yusuf, sejak awal PKB tidak menggodok kandidat lain untuk maju dalam kontestasi pilgub Jateng. Dia pun sempat merespons hasil survei Litbang Kompas tentang elektabilitasnya yang masih kecil sebagai kandidat cagub Jateng, yakni hanya 1,2 persen. 

 

Gus Yusuf mengatakan, dalam survei Litbang Kompas, terdapat 64 persen responden yang belum memutuskan pilihan. Oleh sebab itu elektabilitas semua nama yang masuk dalam survei tersebut, termasuk putra Presiden Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep, masih kecil. 

 

Dia menambahkan, pada survei di pilgub Jateng terakhir, Litbang Kompas hanya sebut calon PKB delapan persen. "Tapi pada saatnya kita turun dan pilgub berjalan, kita bisa (meraih) 41 persen. Artinya bahwa mayoritas pemilih PKB itu memang silent majority. Ada di kampung-kampung, ada di desa-desa, yang mungkin tidak terjangkau oleh survei. Itu yang menjadikan optimisnya kita," ujarnya. 

 

Gus Yusuf mengungkapkan, saat ini PKB masih terus melakukan konsolidasi di daerah-daerah. "Memang kalau ngomong baliho, di kota-kota kita minim ya. Tapi kita dengan banner-banner kecil, sampai ke pelosok desa, sudah masif, sudah jalan lah," ucapnya. 

 

Sebelumnya Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda mengatakan, partainya akan mengusung kader internal untuk pilgub Jateng. "(Pilgub) Jateng, Gus Yusuf yang maju. Kita pemenang kedua di Jateng. Kita pastikan kader kita maju," ujarnya kepada awak media di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/2024) lalu. 

 

Saat ini setidaknya tiga partai, yakni Gerindra, Golkar, dan PAN, sudah mengumumkan akan mengusung Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dalam pilgub Jateng.

 

Sementara itu PDIP masih menggodok nama yang akan dimajukan sebagai calon. Mantan panglima TNI Jendral (Purn) Andika Perkasa menjadi salah satu nama yang santer disebut akan dipilih PDIP untuk berlaga dalam pilgub Jateng.

 

Kaesang

 

Kaesang menjadi nama yang juga diperbincangkan dalam Pilgub Jateng. Kaesang disebut bakal menjadi calon wakil gubernur. 

 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menilai nasib Kaesang Pangarep dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akan ditentukan oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَجْتَنِبُوْنَ كَبٰۤىِٕرَ الْاِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ اِلَّا اللَّمَمَۙ اِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِۗ هُوَ اَعْلَمُ بِكُمْ اِذْ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاِذْ اَنْتُمْ اَجِنَّةٌ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْۗ فَلَا تُزَكُّوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقٰى ࣖ
Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sungguh, Tuhanmu Mahaluas ampunan-Nya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa.

(QS. An-Najm ayat 32)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement