Sabtu 27 Jul 2024 07:47 WIB

Tangis-Jerit, 92 Ribu Wafat: Isi Surat Relawan Gaza Palestina Teruntuk Presiden Joe Biden

Palestina akan terus mempertahankan kawasannya.

Red: Erdy Nasrul
Asap mengepul saat pemboman serangan Israel di Khan Younis, Jalur Gaza, Senin (22/7/2024).
Foto: AP Photo/Abdel Kareem Hana
Asap mengepul saat pemboman serangan Israel di Khan Younis, Jalur Gaza, Senin (22/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sejak Oktober tahun lalu, Gaza berubah, dari kawasan kecil yang padat menjadi reruntuhan bangunan. Ditambah lagi, dari satu sudut ke lainnya pasti ada kesedihan.

Ada yang menuangkannya dalam vandalisme bertuliskan nama-nama siapa saja yang pernah tinggal di reruntuhan itu. Lainnya, masih ada yang memaksakan diri tinggal di bawah puing-puing. 

Baca Juga

Hancur sudah bangunan dan infrastruktur yang ada di sana. Banyak sudah mayat bergelimpangan. Manusia di sana tidak diperlakukan secara wajar. Pasukan IDF di sana membabi buta menyerang siapa saja yang mereka curigai tanpa ada kejelasan bukti pelanggaran hukum.

Banyak anak-anak menjadi sasaran pemboman militer Israel, pasukan khusus yang kini terkenal sebagai pembunuh anak-anak tak berdosa. Mereka yang masih hidup ada yang mengalami luka hebat. Mereka bertahan, meski orang tua mereka sudah lebih disayang Allah nun jauh di Arasy. 

Teruntuk Biden

Sekitar 45 dokter dan perawat yang menjadi relawan di Gaza telah menulis surat yang ditujukan kepada pemerintahan Biden , yang tiba pada hari Kamis, yang menyatakan bahwa "Israel" telah merenggut nyawa lebih dari 90.000 warga Palestina selama genosida yang sedang berlangsung di Jalur tersebut dan menyoroti kejahatan perang pendudukan dan pelanggaran hukum humaniter internasional.

"Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris , solusi apa pun untuk masalah ini harus dimulai dengan gencatan senjata segera dan permanen," kata surat setebal delapan halaman itu, menuntut Amerika Serikat untuk memberlakukan embargo senjata terhadap rezim pendudukan, serta menarik dukungan diplomatik, ekonomi, dan militernya hingga gencatan senjata dilaksanakan.

Jumlah korban tewas mencapai 92.000

"Jumlah korban tewas akibat konflik ini sudah lebih dari 92.000 orang, atau 4,2 persen dari total populasi Gaza," tulis para petugas medis, sambil mengklaim jumlah korban tewas sebenarnya jauh lebih tinggi daripada angka yang disebutkan Kementerian Kesehatan Palestina, yang menunjukkan lebih dari 39.000 orang telah tewas .

"Dengan hanya beberapa pengecualian yang sangat kecil, semua orang di Gaza sakit, terluka, atau keduanya," kata para petugas medis, mengacu pada pekerja bantuan nasional, relawan internasional, dan warga sipil.

Penembak jitu penjajah Israel sengaja menargetkan warga sipil, kata relawan kesehatan kepada The Guardian, menekankan dalam surat mereka bahwa mayoritas warga Palestina adalah wanita dan anak-anak .

"Kami tidak dapat melupakan pemandangan kekejaman tak tertahankan yang ditujukan kepada wanita dan anak-anak yang kami saksikan sendiri," imbuh mereka dalam surat tersebut.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement