Ahad 28 Jul 2024 13:09 WIB

Siapa Golongan yang Diganjar Surga dengan Sungai Indah?

Ada golongan yang diganjar surga dengan sungai yang indah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Surga
Foto:

Di antara mereka adalah Usman bin ‘Affan, Hamzah, dan lainnya. Yang dimaksud dengan golongan pertama, as-Sabiqunal Awwalun dari kalangan Ansar ialah penduduk kota Madinah yang telah menyatakan ikrar kesetiaan mereka kepada kerasulan Nabi Muhammad SAW di Aqabah, suatu tempat di Mina, pada tahun ke-11 dari kerasulan Nabi Muhammad SAW. Ketika itu mereka berjumlah tujuh orang. Kemudian pada periode berikutnya, yaitu pada tahun ke-12, terjadi pula ikrar kesetiaan di tempat yang sama, yaitu Aqabah, kali ini diikuti tujuh puluh orang lelaki dan dua orang perempuan. Jejak mereka diikuti oleh yang lainnya setelah mereka didatangi oleh utusan Rasulullah yang bernama Abu Zurarah Mus’ab bin ‘Umar bin Hasyim yang membacakan ayat-ayat Alquran dan mengajarkan pengetahuan agama kepada mereka. 

Demikian pula, termasuk kelompok as-Sabiqunal Awwalun ialah mereka yang telah beriman pada saat tibanya Rasulullah SAW di Madinah. Kekuatan dan persatuan Islam tumbuh dan berkembang sesudah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Pada saat itulah muncul kaum munafik yang berpura-pura menyokong agama Islam. 

Hal ini dijelaskan dalam firman Allah yang turun mengenai hal ihwal Perang Badar yang terjadi pada tahun kedua Hijri. 

Firman Allah, "(Ingatlah), ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya berkata, 'Mereka itu (orang-orang mukmin) ditipu agamanya'.” (QS al-Anfal Ayat 49)