Ahad 28 Jul 2024 15:14 WIB

Ekonom Kritik Penyelenggaraan Olimpiade karena Goyangnya Kondisi Finansial Tuan Rumah

Ini Olimpiade pertama yang total biayanya mencapai di bawah 10 miliar dolar AS.

Red: Friska Yolandha
Trocadero dan Menara Eiffel diterangi Cincin Olimpiade saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris, Prancis, Jumat (26/7/2024). Upacara pembukaan Olimpiade Paris dilakukan di sepanjang Sungai Seine, tidak di dalam stadion seperti lazimnya upacara pembukaan Olimpiade. Hujan yang turun sepanjang acara pembukaan tidak menghilangkan kemegahan Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024. Atlet judo Prancis Teddy Riner dan pelari juara Olimpiade tiga kali Marie-Jose Perec menyalakan kaldron Olimpiade yang diikatkan pada balon raksasa. Ini merupakan simbol penghormatan kepada pelopor penerbangan berawak Prancis pada masa lalu.
Foto:

Hal yang paling menarik: panitia penyelenggara LA memperoleh surplus sebesar 215 juta dolar AS.

“Setelah menunjukkan jalur yang menarik untuk meraih keuntungan, kota-kota dan negara-negara kini bersiap untuk mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pertandingan tersebut,” kata Zimbalist dalam bukunya.

“Persaingan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade menjadi hampir sama ketatnya dengan kompetisi atletik itu sendiri,” lanjutnya.

Zimbalist mengatakan, dalam antrian Olimpiade, beberapa kota menghabiskan lebih dari 100 juta dolar AS untuk proses penawaran saja. Lalu, begitu mereka berhasil mendapatkan tawaran tersebut, biayanya seringkali melonjak jauh melampaui perkiraan dan anggaran awal.