Senin 29 Jul 2024 07:33 WIB

Koalisi Besar Enam Partai di Kota Solo Sepakat Usung Gusti Bhre

Koalisi PKS, Gerindra, Golkar, PSI, PAN, dan PKB akan melawan PDIP di Pilwakot Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep bersama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo.
Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya
Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep bersama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Enam partai pemilik kursi DPRD Kota Solo yang tergabung di koalisi besar akhirnya menemukan titik terang dalam diskusi di antara mereka. Enam partai itu adalah PKS, Gerindra, Golkar, PSI, PAN, dan PKB. Mereka sepakat mengusung KGPAA Mangkunegara X alias Gusti Bhre untuk maju Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2024.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan pertemuan partai yang memiliki kursi di DPRD kota Solo di Solo Kopi, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (27/7/2024). Bahkan, Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep ikut hadir dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga

"Jadi teman-teman ingin menyampaikan persepsi dari hasil pertemuan minggu lalu. Hingga akhirnya tadi sepakat untuk mengusung calon yang juga kami usung, yaitu Gusti Bhre," kata Ketua DPD PSI Kota Solo, Tri Mardiyanto saat dikonfirmasi di Kota Solo, Jawa Tengah, Ahad (28/7/2024).

Dia mengakui, dalam pertemuan tersebut juga dibahas sosok calon pendamping Gusti Bhre. Namun, kata Tri, masih perlu pertemuan lagi untuk memutuskan calon wakil wali kota Solo karena dari keenam partai yang ikut pertemuan memiliki usulan masing-masing. Selain itu, tentu saja sosok yang dipilih juga harus atas persetujuan Gusti Bhre.