Senin 29 Jul 2024 14:55 WIB

Sejarah Tambang Batu Bara di Dunia

Tambang batu bara mulai masif sejak Revolusi Industri abad ke-18.

Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Tambang batu bara.
Foto: dok wiki
ILUSTRASI Tambang batu bara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia sudah menyaksikan aktivitas pertambangan batu bara sejak ribuan tahun silam. Manusia purba menggunakan batu bara sebagai bahan bakar untuk memasak dan menghangatkan diri. Komoditas yang digali dari dalam tanah itu juga dikenal oleh masyarakat peradaban Cina Kuno dan awal Kekaisaran Romawi.

Revolusi Industri, yang bermula di Inggris pada pertengahan abad ke-18 mengubah wajah dunia. Sejak itu, aktivitas pertambangan batu bara menjamur di banyak tempat. Komoditas itu biasa dipakai sebagai bahan bakar mesin uap.

Baca Juga

Mesin-mesin uap digunakan dalam berbagai industri sejak abad ke-18 hingga 19. Di antara sektor-sektor yang mengandalkannya adalah industri tekstil, besi, dan transportasi. Britania Raya mengawali penambangan batu bara secara besar-besaran. Itu diikuti oleh negara-negara lain di Eropa dan Amerika Utara.

Pada awal abad ke-20, penambangan batu bara semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi untuk industri dan transportasi. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Rusia menjadi produsen batu bara utama dunia.