Senin 29 Jul 2024 18:25 WIB

Piala Presiden, Bukan Turnamen Pemanasan Biasa

Piala Presiden menjadi ajang pramusim yang mempersiapkan pemain menghadapi liga.

Rep: Fredikus Dominggus/ Red: Muhammad Hafil
Piala Presiden 2024
Foto:

Piala Presiden 2024 merupakan edisi keenam Piala Presiden yang diselenggarakan PSSI. Ketum PSSI, Erick Thohir mendukung penuh pernyataan Presiden Jokowi. Ada target besar menuju kemajuan positif timnas, industri sepak bola tanah  air.

Dalam situs resmi PSSI, Erick mengatakan turnamen pemanasan ini bukan hanya untuk memanjakan pecinta panggung lapangan hijau nasional. Pada saat yang sama, diharapkan bisa menggairahkan iklim kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia menuju musim 2024/25.

"Seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, bahwa semakin banyak kompetisi, makin baik bagi sepakbola nasional. Turnamen Piala Presiden 2024 yang sudah enam kali digelar, saya nilai positif baik bagi pemain, klub, dan suporter. Muaranya sepakbola nasional juga akan kian menarik," ujar sosok yang juga bertugas sebagai Menteri BUMN ini.

Erick menyinggung beberapa terobosan di turnamen pemanasan ini. Salah satunya hadiah uang Rp 5 miliar untuk tim yang menjadi juara (belakangan panitia menaikkan menjadi Rp 5,25 miliar untuk peringkat satu karena banyaknya sponsor yang masuk). Berikutnya penggunaan Video Assistant Referee (VAR), dan masih banyak lagi inovasi lainnya.