Selasa 30 Jul 2024 10:08 WIB

Film Dokumenter Rossa Tayang Mulai 1 Agustus, Kisahkan 25 Tahun Berkarya dengan Jujur

Rossa hendak menyajikan perjalanan kariernya selama 25 tahun dengan sejujur-jujurnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Rossa menggelar konferensi pers film
Foto: Dok. Republika/Gumanti Awaliyah
Rossa menggelar konferensi pers film "All Access to Rossa 25 Shining Years" di Jakarta, Senin (29/7/2024). Mengisahkan perjalanan karirnya selama 25 tahun, film dokumenter ini akan tayang di bioskop mulai 1 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film dokumenter persembahan Time International Films, All Access to Rossa 25 Shining Years arahan Ani Ema Susanti akan mulai tayang di seluruh jaringan bioskop Indonesia mulai tanggal 1 Agustus 2024. Film dokumenter yang diproduksi oleh Inspire Pictures dan Sinemaku Pictures ini menyorot perjalanan karier Rossa sebagai salah satu diva Indonesia.

Film dokumenter All Access to Rossa 25 Shining Years juga akan membawa penonton memasuki sisi lain dari sosok Rossa yang belum pernah terungkap sebelumnya. Mulai dari awal perjalanan karier Rossa, perjuangannya menjadi seorang ibu untuk anak laki-lakinya, hingga kisah di balik konser tunggal 25 Shining Years Concert pada 2022 yang menandai 25 tahun perjalanan karier Rossa di industri musik Indonesia.

Baca Juga

"Melalui film dokumenter ini, masyarakat Indonesia akan melihat sosok Rossa dari berbagai macam sudut pandang. Rossa sebagai seorang diva, Rossa sebagai seorang ibu, hingga Rossa sebagai wanita entrepreneur," kata sutradara Ani Ema Susanti, dalam konferensi pers di Plaza Indonesia XXI, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Ani mengatakan pengerjaan film dokumenter ini cukup panjang yaitu sekitar 2,5 tahun. Itu lantaran ada begitu banyak footage dan arsip dari perjalanan karier Rossa sehingga dia perlu benar-benar menyeleksi mana yang harus dimasukkan atau tidak.

Selama proses produksi itu, dia juga berusaha membangun cerita yang sejujur-jujurnya tentang Rossa. "Karena memang Teteh Oca selalu minta untuk membuat film yang jujur dan ada apanya. Maka memang proses mengkomunikasikannya itu yang butuh waktu," kata dia.

Manager Rossa sekaligus produser eksekutif film All Access to Rossa 25 Shining Years, Intan Sari menambahkan, film dokumenter ini seakan melengkapi segala pencapaian yang telah Rossa raih selama lebih dari 20 tahun berkarya.

"Sebagai orang yang selalu berada di balik layar kesuksesan Rossa, melihat hasil dari film ini rasanya sangat luar biasa. Bagi saya, film dokumenter ini ibarat cherry on top dari legacy karier Rossa yang telah dia bangun lebih dari 20 tahun lamanya," ujar manajer Rossa, Intan Sari.

Menurut dia, film ini telah mendapatkan dukungan dari banyak pihak termasuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R1 (Kemenparekraf). Ia mengatakan film dokumenter All Access to Rossa 25 Shining Years akan ditayangkan di bioskop luar negeri seperti Malaysia, Singapura, hingga Turki.

Film All Access to Rossa 25 Shining Years diproduseri oleh Umay Shahab, Inarah Syarafina, Sugi Compros, Boy Rianto Latu, serta Alfreno Kautsar Ramadhan. Selain menjadi bintang utama, Rossa juga turut menjadi produser eksekutif bersama Irwan D Mussry, P Intan Sari, Yahni Damayanti, serta Prilly Latuconsina.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 110)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement