Selasa 30 Jul 2024 11:57 WIB

Empat Perempuan Bisa Antarkan Mukmin ke Surga

Ada empat sosok perempuan yang bisa antarkan seseorang ke surga.

Red: Hasanul Rizqa
Ilustrasi perempuan.
Foto: Pixabay
Ilustrasi perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masuk surga adalah cita-cita seluruh Muslimin. Khususnya bagi seorang Mukmin, ada empat sosok perempuan yang dapat menjadi jalannya meraih jannah.

Syekh Ramadhan Abdul Muiz dari Mesir dalam sebuah program televisi menjelaskan tentang keempat wanita yang dimaksud. Berikut penjabarannya.

Baca Juga

Pertama, ibu. Seorang Mukmin dapat dengan mudah masuk ke dalam surga Allah apabila dia selama di dunia berbakti kepada kedua orang tuanya, terutama ibu. Bunda adalah perempuan pertama yang harus dihormati setiap laki-laki Muslim. Hal itu berdasar sabda Nabi Muhammad SAW.

Seseorang pernah bertanya kepada Nabi SAW, "Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?"

Nabi menjawab, "Ibumu."

"Kemudian, siapa lagi?"

Nabi SAW mengatakan, "Ibumu."

"Lalu siapa lagi?"

"Ibumu," demikian jelas Rasulullah SAW, berturut-turut.

"Kemudian, siapa lagi?"

"Ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya” (HR Bukhari)

Dalam hadis lain juga disebutkan. Suatu ketika, Jahimah mendatangi Nabi Muhammad SAW dan berkata, "Aku ingin berperang bersamamu dan aku datang untuk meminta petunjukmu."

Rasulullah SAW bertanya, "Apakah kamu mempunyai ibu?"

"Ya," jawabnya.

"Lazimkanlah ibumu karena surga berada di bawah telapak kakinya" (HR Nasai, Ibnu Majah, dan Hakim).

Kedua, istri. Seorang Mukmin bisa dengan mudah masuk ke dalam surga apabila dia berbuat baik kepada istrinya. Dalam arti, memberikan ap-apa yang menjadi hak istri, termasuk menggaulinya dengan baik, bersikap lemah lembut, serta tidak menganiayanya. Allah SWT berfirman:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

“Dan pergaulilah istrimu dengan (akhlak yang) baik. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak" (QS an-Nisa ayat 19).

Rasulullah SAW bersabda, “Orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya” (HR Tirmidzi).

Ketiga, saudara perempuan. "Adapun yang selanjutnya, dia adalah saudara perempuanmu. Bila kamu memiliki saudara perempuan dan engkau berbuat baik padanya, dia akan memasukkanmu ke surga karena kebaikanmu dan hubungan baikmu dengannya," kata Syekh Ramadhan Abdul Muiz.

Nabi SAW bersabda, “Siapa yang mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan, lalu merawatnya dengan baik serta bertakwa kepada Allah atasnya, maka ia akan masuk surga” (HR Ibnu Hibban).

Terakhir, anak perempuan. Hadis di atas juga menjadi landasan bahwa seorang Mukmin yang memiliki anak perempuan maka dapat menjadikannya masuk ke dalam surga. Itu apabila dia mampu mendidik anak perempuannya sehingga taat kepada Allah SWT.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement