Selasa 30 Jul 2024 13:47 WIB

Holding InJourney Bentuk Aksi Nyata Erick Perkuat Pariwisata Indonesia

Erick Thohir wujudkan ekosistem pariwisata dan pendukung yang terintegrasi.

Red: Erdy Nasrul
Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: Dok Republika
Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buku berjudul "Elephant Learns Flamenco: BUMN Menuju Indonesia Emas 2045" mengulas lengkap keberhasilan Menteri BUMN Erick Thohir (ET) dalam menyatukan BUMN-BUMN yang bergerak di sektor pariwisata dan pendukung ke dalam holding BUMN pariwisata atau InJourney.

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney Dony Oskaria menyebut peran besar Erick dalam mewujudkan ekosistem pariwisata dan pendukung yang terintegrasi.

Baca Juga

"Keunggulan Pak ET adalah aspek monitoringnya," ujar Dony di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II 2006-2024 Muhammad Awaluddin menilai Erick merupakan sosok pemimpin bertangan dingin. Awaluddin menilai Erick bukan hanya konseptor ulung, namun juga sosok yang mampu melakukan eksekusi dengan baik.

"ET adalah Man of Execution," ucap Awaluddin.

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan Erick merupakan tipe pemimpin yang berkomitmen penuh dalam mendukung kemajuan UMKM. Fetty menyampaikan Erick terus mendorong Sarinah untuk menjadi tumpuan bagi peningkatan kualitas dan akses pasar UMKM.

"Pak Erick ingin produk-produk lokal kita diutamakan. Itu mengapa Sarinah ada," ucap Fetty.

Hal senada diungkapkan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Irfan Setiaputra. Menurut Irfan, keberhasilan Garuda Indonesia keluar dari ancaman kolaps tak lepas dari peran mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Irfan teringat upaya Erick yang berjibaku mencari solusi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menjaga keberlangsungan maskapai kebanggaan Indonesia tersebut. Tak sekadar bertahan, lanjut Irfan, Erick juga mendorong Garuda Indonesia untuk bertransformasi agar mampu berkembang dan adaptif dalam menghadapi persaingan ke depan.

"Pak ET unggul di visi dan misi. Hal ini saya lihat saat penyelamatan Garuda Indonesia. Betul-betul totalitas," kata Irfan.

Pernyataan para dirut BUMN tersebut tertuan dalam buku karya IBF dan PT Balai Pustaka yang akan diluncurkan dalam gelaran IBF 2024 di Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Buku "Elephant Learns Flamenco: BUMN Menuju Indonesia Emas 2045" mendeskripsikan dan menganalisis perjalanan serta strategi BUMN dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, termasuk menyoroti kepemimpinan Erick Thohir serta keberadaan Akhlak sebagai core values BUMN.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement