Selasa 30 Jul 2024 14:00 WIB

Peluncuran Gadis Antariksa untuk Penyelamatan Mangrove Mendapat Apresiasi

UTM Jakarta siap berkolaborasi mendukung ide dan gagasan Indri R.

Red: Erik Purnama Putra
Peringatan Hari Mangrove Sedunia setiap 26 Juli ditandai peluncuran program Next Generation New Icon Gadis Antariksa.
Foto: Republika.co.id
Peringatan Hari Mangrove Sedunia setiap 26 Juli ditandai peluncuran program Next Generation New Icon Gadis Antariksa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari Mangrove Sedunia setiap 26 Juli bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem mangrove sebagai perlindungan kawasan pesisir. Mahasiswi Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam Universitas Al-Azhar, Indri R Whisnuwardani pun ikut tergerak ingin menyelamatkan mangrove dengan meluncurkan program Next Generation New Icon Gadis Antariksa.

Kegiatan peduli lingkungan yang diadakan Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara, tersebut mendapat apresiasi dari Rektor Universitas Teknologi Muhammadiyah (UTM) Jakarta, Prof Dr Suradika dan jajaran kampus. Ketua Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan UTM Jakarta, Sandra Kaunang mewakili rektorat memberikan apresiasi besar kepada Gadis Antariksa dalam penyelamatan ekosistem mangrove.

"Generasi Z hidup dalam era di mana tantangan lingkungan semakin kompleks. Inisiatif Gadis Antariksa dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada generasi muda adalah langkah maju yang sangat kita butuhkan," ujar Sandra dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Menurut Sandra, melalui upaya pelestarian ekosistem mangrove, Gadis Antariksa telah menunjukkan solusi untuk masalah lingkungan dapat ditemukan melalui kolaborasi dan kreativitas. "Untuk itu, kami dari UTM Jakarta siap berkolaborasi mendukung ide dan gagasan beliau, dalam kapasitas kami menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi," ujarnya.