Selasa 30 Jul 2024 14:13 WIB

Kementerian ESDM: Tidak Ada Informasi Seputar Pergantian Menteri

Sebelumnya, hal serupa juga ditanyakan ke pihak istana.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantah kabar seputar pergantian menteri di sektor tersebut. Isu mengenai hal ini belakangan berhembus.

Muncul kabar Bahlil Lahadalia yang menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM akan dirotasi menjadi Menteri ESDM, menggantikan Arifin Tasrif. "Kita nggak ada informasi tersebut. Sudah dibantah dari Istana kan," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama KESDM, Agus Cahyono Adi, lewat pesan singkat kepada Republika.co.id, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga

Sebelumnya, hal serupa juga ditanyakan ke pihak istana. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membantah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sejumlah menteri baru di Ibu Kota Nusantara (IKN). Saat ini Presiden Jokowi sedang berkantor di IKN.

"Sampai saat ini belum ada rencana/agenda reshuffle kabinet," kata Ari, juga lewat pesan singkat.

Presiden Jokowi masih melanjutkan agenda kegiatan pada hari kedua berkantor di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Adapun agenda kegiatan Presiden pada Selasa ini, di antaranya menerima pengusaha lokal di sekitar IKN, tepatnya Istana Garuda sekitar pukul 09.30 WITA.

"Presiden ingin mengajak dan memberi kesempatan kepada pengusaha lokal sekitar IKN untuk ikut berperan serta dan bersama-sama menjemput masa depan di IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Senin (28/7/2024).

Pengusaha lokal tersebut terdiri atas Kadin Daerah Provinsi Kaltim, Kadin Daerah Balikpapan, Kadin Daerah Samarinda, Kadin Daerah Penajam Paser Utara, Hipmi Provinsi Kaltim, Hipmi Balikpapan, Hipmi Samarinda, dan Hipmi Penajam Paser Utara.

Setelah menerima pengusaha lokal, Jokowi lanjut menerima jajaran pengamanan dari unsur TNI dan Polri. "Bapak Presiden ingin Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali," tuturnya.

Otorita IKN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, juga berbagai stakeholder terkait lainnya, fokus menyiapkan kawasan pemerintahan di IKN menuju momen bersejarah di depan mata. Salah satunya perihal perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement