Selasa 30 Jul 2024 17:26 WIB

Dorong Pelaku Parekraf Desa Wisata di Malang, Menparekraf: Kemas Paket Wisata Menarik

Saat ini Kemenparekraf terus memperluas kolaborasi dengan stakeholder pariwisata.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) 2024 di Kampong Heritage Kajoetangan, Kota Malang, akhir pekan kemarin.
Foto: Dok. Kem
Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) 2024 di Kampong Heritage Kajoetangan, Kota Malang, akhir pekan kemarin.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengelola desa wisata di Malang untuk mengemas paket wisata dengan menarik dan bisa onboarding digital dengan paket-paket tersebut pada platform online travel agent (OTA) mitra Kemenparekraf.

Menparekraf Sandiaga dalam acara Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) 2024 di Kampong Heritage Kajoetangan, Kota Malang, akhir pekan kemarin, mengatakan pembuatan paket wisata menarik dan onboarding diharapkan akan mampu meningkatkan pergerakan jumlah wisatawan di Indonesia.

Baca Juga

“Upaya ini sesuai arahan Presiden Jokowi yang mendorong gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia, dengan target 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara melalui kampanye berwisata di Indonesia,” kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, Jawa Timur menjadi salah satu pasar utama wisatawan nusantara (wisnus). Wisnus terbanyak dengan 204,7 juta pergerakan merupakan wisnus asal Jawa Timur yang melakukan perjalanan wisata, atau sekitar 25 persen dari total jumlah perjalanan wisnus secara nasional pada 2023.