Selasa 30 Jul 2024 18:37 WIB

Begini Praktik Tambang Berkelanjutan di Indonesia

Perusahaan tambang memiliki standar keberlanjutan operasional yang diatur pemerintah.

Rep: Mgrol152/ Red: Satria K Yudha
Tambang batu bara (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Matthew Brown
Tambang batu bara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri pertambangan di Indonesia disebut telah menerapkan praktik tambang berkelanjutan. Menurut Plt Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Gita Mahyarani, ada banyak hal yang sudah dilakukan untuk mewujudkan praktik tambang ramah lingkungan, mulai dari mereklamasi lahan hingga penggunaan teknologi ramah lingkungan.

Gita menjelaskan, praktik tambang berkelanjutan adalah bagaimana perusahaan tambang mempunyai perencanaan dan tanggung jawab untuk memitigasi dampak negatif dari lingkungan maupun sosial. Tanggung jawab lingkungan, kata Gita, dilakukan menyeluruh baik yang sedang berjalan maupun pascatambang melalui reklamasi dan rehabilitasi.

Baca Juga

"Bahkan, reklamasi dan rehabilitasi ini juga harus direncanakan sebelum tambang tutup," kata Gita kepada Republika, Selasa (30/7/2024).

Adapun terkait program pemberdayaan masyarakat, Gita menyebut terdapat delapan pilar dalam program itu. Salah satu di antaranya adalah kemandirian masyarakat sekitar.