Rabu 31 Jul 2024 06:27 WIB

Siapa Hasyim Bin Yahya Kakek Habib Luthfi Pekalongan yang Disebut Termasuk Pendiri NU?

Habib Hasyim bin Yahya merupakan sosok yang alim

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Bendera Nahdlatul Ulama
Foto: Republika/Ahmad Fauji
Bendera Nahdlatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Beredarnya Buku Pelajaran Ahlussunnah Waljamaah Ke-NU-an Jilid I untuk Kelas 2 yang diterbitkan oleh RMI PCNU Kabupaten Tegal yang juga beredar di lingkungan satuan-satuan Pendidikan Ma’arif NU, memicu polemik.

Buku tersebut memuat pernyataan sejarah yang disebut tak sesuai dengan fakta. Buku itu menyatakan bahwa salah satu pendiri NU adalah Kakek dari Habib Lutfhi bin Yahya Pekalongan, Yaitu Habib Hasyim bin Yahya. Siapakah Habib Hasyim bin Yahya?

Baca Juga

Dikutip dari laman resmi JATMAN, Habib Hasyim bin Yahya adalah putra dari Habib Umar bin Hasan bin Toha bin Yahya. Sebelum lahir, Habib Umar (jid buyut Abah Luthfi yang dimakamkan di Indramayu) pernah berencana memberi nama calon putranya dengan nama Abdullah. Namun, oleh Habib Hasan (jid canggah Abah Luthfi, dimakamkan di Penang, Malaysia), calon cucunya diminta bernama Hasyim.

Habib Hasyim lahir hari Senin bulan Jumadil Akhir  tahun 1280 H/1862 M, di Karangampel, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Ayah Habib Hasyim bernama Habib Umar bin Thoha bin Hasan Sumodiningrat bin Thoha bin Yahya, yang ketika wafat dimakamkan di Karangmalang, Indramayu. Sedangkan Ibu beliau bernama Syarifah Hababah Marinah binti Hasan Al-Qudsi Al-Bantani.

Habib Hasyim memiliki seorang istri yang bernama Syarifah Salmah binti Muhammad bin Ibrahim bin Yahya. Syarifah Salmah ini adalah Raden Ayu Kun Maryati (keturunan dari para bangsawan Adipati).

Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai 12 anak, termasuk di antaranya ayah Habib Luthfi bin Yahya, yaitu Syarifah Thalhah, Habib Umar, Habib Abu Bakar, Syarifah Fadhlun, Syarifah Syifa, Syarifah Khodijaah, Habib Muhammad, Syarifah Su’ud, Habib Ali Al-Gholib (Ayah Habib Lutfi), Habib Yahya, Syarifah Ni’mah dan Habib Sholeh.

Selain dengan Syarifah Salmah, Habib Hasyim juga menikah dengan seorang Syarifah bermarga Al-Habsyi, dan dikaruniai 2 orang anak, yaitu Habib Husain dan Syarifah Fatimah.

Jika diurut ke atas, nasab Habib Hasyim bin Umar bin Yahya merupakan keturunan Baginda Nabi Muhammad Rasulullah saw. dari jalur Imam Husain, dengan silsilah sebagai berikut :

BACA JUGA: Dampak Foto dengan Presiden Israel, Nurul: Tiap Hari Terlintas untuk Mengakhiri Hidup Saya

Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Sayyidah Fathimah Az-Zahra Istri Ali bin Abi Thalib RA

Al-Imam Al-Husain

Al-Imam Ali Zainal Abidin

Al-Imam Muhammad Al-Baqir

Al-Imam Ja’far Shadiq

Al-Imam Ali Al-Uraidhi

Al-Imam Muhammad An-Naqib

Al-Imam Isa Ar-Rumi

Al-Imam Ahmad Al-Muhajir

As-Sayyid Ubaidillah

As-Sayyid Alwi

As-Sayyid Muhammad

As-Sayyid Alwi

As-Sayyid Ali Khali’ Qasam

As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath

As-Sayyid Ali

As-Sayyid Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad

As-Sayyid Al-Imam Alwi Al-Ghuyur

As-Sayyid Ali Shohibud Dark

As-Sayyid Muhammad Maula Ad-Dawilah

As-Sayyid Imam Alwy

As-Sayyid Ali An-Naas

As-Sayyid Hasan Al-Akmar

As-Sayyid Sulthanul Awliya Al-Imam Yahya (leluhur Al bin Yahya)

As-Sayyid Ahmad

As-Sayyid Kabiir Syekh

As-Sayyid Muhammad

As-Sayyid Thoha

As-Sayyid ‘Ulum Muhammad al-Qadhi

As-Sayyid Thoha

As-Sayyid Al-Quthb Al-Habib Hasan

As-Sayyid Thoha

As-Sayyid Umar

As-Sayyid Hasyim

Pada Senin, 15 Rabi’ul Akhir 1350 H/1931 M, Habib Hasyim bin Umar bin Yahya kembali ke haribaan ilahi, dua tahun setelah wafat sahabatnya Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athos yang wafat pada tahun 1347 Hijriyah di bulan Rajab. Jenazah beliau dimakamkan di Sapuro. Hingga saat ini, Kompleks makam Sapuro selalu ramai oleh peziarah.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement